Pemda Ketapang akan Lakukan Tanam Padi Serentak Besok

Editor: Agustiandi author photo

Ilustrasi.
Ketapang (Suara Ketapang) - Pemerintah Kabupaten Ketapang akan melakukan penanaman padi serentak se-Kabupaten Ketapang. Penanaman serentak tersebut akan diikuti 18 Balai Penyuluh Pertanian (BPP) pada Kamis (14/10/2021). 

“Total ada ratusan hektare lahan pertanian yang akan mengikuti tanam serentak ini,” ujar Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan Kabupaten Ketapang, Akhmad Humaidi, Rabu (13/10/2021)

Ia mengatakan, tanam serentak ini akan dipusatkan di kawasan Pampang Seribu, Kecamatan Matan Hilir Utara dan diikuti serentak secara virtual di 18 BPP se-Kabupaten Ketapang. 

“Daerah yang tidak terdapat jaringan internet juga tetap melakukan tanam serentak. Kita pusatkan di Pampang Seribu, karena kawasan ini merupakan salah satu kawasan yang sangat petensial untuk pengembangan kawasan pertanian,” paparnya.

Tidak hanya pertanian, lanjut Humaidi, di kawasan Pampang Seribu juga dikembangkan kawasan perkebunan dan peternakan. 

“Di lokasi ini juga terkenal dengan kebun durian. Ada juga kawasan beternak sapi, tanaman jahe, termasuk lahan pertanian untuk tanaman pangan. Jadi kawasan tersebut cukup komplit,” ujarnya.

Dia menegaskan, kegiatan tanam serentak itu bertujuan untuk peningkatan ketahanan pangan melalui peningkatan luas tanam. 

“Kita genjot tanam terus. Di luar tanam serentak besok, petani lainnya juga akan melakukan tanam padi, karena memang sudah memasuki masa tanam,” pungkasnya. (Ndi)


Share:
Komentar

Berita Terkini