7 Tips Memilih Baju Sesuai Bentuk Tubuh

Editor: Layli author photo

https://pixabay.com/id/photos/gadis-mode-bunga-bunga-wanita-gaun-6615570/

Suara Ketapang - Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda antara satu dengan lainnya. Oleh karena itu, saat memilih baju pun tidak bisa disamakan. Setiap orang pun harus tahu baju seperti apa yang sesuai dengan tubuhnya agar tidak salah gaya. Penting sekali untuk tahu tips memilih baju agar cocok dengan bentuk tubuh sendiri.

Memang model baju dari tahun ke tahun selalu berubah. Otomatis harus lebih pandai dalam memilihnya. Tak hanya potongan, bahkan bahan dan warna pun harus jadi perhatian agar sesuai dengan bentuk tubuh.

7 Tips Memilih Model Baju Berdasarkan Bentuk Tubuh

 Pemilihan model baju agar tampilan bisa stylish dan keren harus disesuaikan dengan bentuk tubuh. Tak jarang banyak yang mengabaikan soal ini sehingga bukannya bertambah bagus, justru tampilan jadi amburadul. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi coba perhatikan tips penting berikut ini;

1. Padu Padan Bagi yang Memiliki Tubuh Gemuk

 Tips memilih baju sesuai bentuk tubuh yang pertama adalah untuk Anda yang memiliki tubuh gemuk. Meski memiliki tubuh gemuk bukan berarti tidak bisa tampil stylish dan modis. Anda tetap bisa berpenampilan modis asal pemilihan bajunya tepat.
Caranya adalah hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau terlalu longgar. Bisa pula dengan menggunakan rok model pensil dengan tujuan memberikan kesan lekuk yang menawan pada tubuh Anda.

2. Pilih Motif Horizontal untuk Anda yang Berbadan Kurus

 Tips pakaian klasik yang satu ini khusus untuk Anda yang memiliki tubuh kurus. Agar tampilan Anda nampak serasi, cobalah untuk memilih baju dengan motif horizontal untuk memberikan lekuk pada tubuh Anda.

Selain itu Anda juga bisa memilih baju dengan warna cerah atau menggunakan baju dengan model peplum agar tubuh Anda terlihat lebih berisi.

3. Pilih Midi Dress Atau Skinny Jeans Untuk Menampakkan Kesan Tinggi

Nah, bagi Anda yang ingin terlihat lebih tinggi tips memilih baju yang harus diperhatikan adalah pemilihan model pakaiannya. Ada baiknya apabila Anda menggunakan mini dress atau maxi yang dipadu dengan celana skinny lurus.

Memilih skinny jeans juga mampu membuat tampilan Anda tampak lebih tinggi dari biasanya. tips satu ini akan sangat membantu sekali bagi Anda yang kurang percaya diri dengan tinggi badan saat tampil bersama dengan orang yang lebih tinggi.

4. Pilih Pakaian yang Ramai dan Penuh Warna Bagi Pemilik Tubuh Pir

 Bentuk tubuh pir adalah bentuk tubuh dimana bagian pinggul, paha dan bokong adalah bagian terbesar dari bagian tubuh lainnya. Pada saat memilih baju, untuk mendapatkan padu padan yang tepat, maka sebaiknya adalah menyeimbangkan bagian tubuh yang lebih besar dengan bagian tubuh yang atas.
Gunakan pakaian yang sedikit lebih ramai dan berwarna lebih cerah. Cara yang satu ini dinilai ampuh dapat mengalihkan perhatian agar bagian tubuh atas yang ramping tidak terlalu kentara dengan bagian tubuh yang bawah.

5. Pilih Warna Lembut Bagi Pemilik Tubuh Segitiga Terbalik 

Tubuh segitiga terbalik adalah bentuk tubuh dengan ciri bahu lebih lebar dibandingkan dengan pinggang sehingga penampakan bahu ini terlihat lebih kuat dan mirip layaknya tubuh atlet. Ciri lainnya adalah nampak tidak memiliki lekuk tubuh. Kata lainnya untuk tubuh ini adalah nampak maskulin.
Untuk pemilihan baju bagi pemilik bentuk tubuh ini adalah sebaiknya memilih atasan dengan model clean cut yang hampir tidak memiliki detail pada bagian bahu.

Tips lainnya adalah dengan menggunakan atasan warna lembut yang nantinya dapat mengalihkan perhatian bahu yang lebar. Model baju bentuk A juga dinilai tepat bagi pemilik tubuh ini. Bisa pula menggunakan celana yang bervolume dengan tambahan draperi atau lipatan yang nantinya dapat membuat pinggang terlihat lebih besar.

Sebaliknya hindari penggunaan celana yang terlalu ketat atau celana yang ujungnya mengecil karena bentuk tubuh akan terlihat nampak tidak seimbang.

6. Untuk Pemilik Tubuh Jam Pasir Gunakan Pakaian yang Menonjolkan Bagian Kaki

Ciri khas pemilik tubuh ini adalah ukuran antara pundak dan garis pinggang yang sama. Ciri lainnya adalah memiliki payudara yang penuh, lekuk tubuh tajam dan pinggul yang penuh. Tips memilih pakaian bagi pemilik tubuh ini adalah menggunakan baju atasan yang terbuka dan datar karena dapat menonjolkan bagian bahu yang indah.

Untuk pemilihan bawahan seperti celana boot cut, flare atau celana berpipa besar dapat membantu mengurangi sedikit volume pada bagian tubuh bawah yang besar. Anda juga bisa menggunakan celana pensil atau rok A-line sehingga tampilan akan tampak lebih feminin dan bagian kaki akan lebih menonjol.

Sebaliknya pemilik tubuh ini harus menghindari busana yang lurus karena lekuk tubuh tidak akan nampak. Hindari pula pemakaian jaket yang terlalu besar karena dapat membuat bagian dada tampak lebih besar.

7. Bentuk Tubuh Apel

Dikatakan layaknya apel karena pemilik tubuh ini memiliki bagian pinggang yang membesar. Untuk pemilihan baju bagi pemilik tubuh ini adalah sebaiknya menggunakan busana dengan model empire dress atau atasan panjang yang dapat menyeimbangkan bentuk tubuh.

Apabila tergolong kurus sebaiknya gunakan busana yang lebih simple pada bagian atas dengan garis leher rendah untuk menonjolkan bagian leher. Bisa juga menggunakan terusan minimalis agar terlihat lebih langsing dan membentuk kurva tubuh.

Memilih baju yang sesuai dengan bentuk tubuh memang kadang terbilang susah bagi yang belum paham dengan bentuk tubuhnya. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir karena kini telah hadir merk pakaian 3Second  yang dapat membantu Anda memilih pakaian yang sesuai dan cocok dengan tips memilih baju seperti penjelasan di atas.

Brand tersebut memang mengeluarkan berbagai jenis pakaian yang sesuai dengan berbagai bentuk tubuh. Untuk mendapatkan pakaian dengan merk ini, cukup Anda berkunjung ke Blibli.com. 

Semua model pakaian dari brand ini hampir seluruhnya disesuaikan dengan bentuk tubuh yang beragam. Untuk tubuh kurus hingga gemuk semua ada. Pembelian melalui Blibli.com pun semakin mudah karena lebih cepat, aman dan nyaman. (tim)

Share:
Komentar

Berita Terkini