Asa Desa Kualan Hilir Simpang Hulu Jadi Desa Mapan

Editor: Redaksi author photo

Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo tengah memukul gong tanda pencanangan Desa Kualan Hilir Kecamatan Simpang Hulu sebagai desa Mapan. (Prokopim Kabupaten Ketapang).
Ketapang (Suara Ketapang) - Desa Kualan Hilir Kecamatan Simpang Hulu bakal menjadi desa Mantap dan Terdepan (Mapan).

Asa itu muncul setelah Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo mencanangkan desa tersebut menjadi desa Mapan. 

"Desa Mapan adalah desa yang telah memiliki tingkat perkembangan yang pesat dengan didukung oleh infrastruktur dan sarana prasarana yang sangat memadai, regulasi dan pelayanan pemerintahan desa yang mantap serta adanya stabilitas dan kemapanan dalam kondisi sosial ekonomi masyarakat," papar Alex saat hadir di desa Kualan Hilir, Sabtu (19/3/2022).

Alex memaparkan, sudah ada 20 desa yang telah dicanangkan sebagai desa Mapan di Kabupaten Ketapang. Desa tersebut bakal menjadi percontohan. Ia berharap Mapan agar dipimpin sebaik-baiknya.

Lebih jauh Alex menjelaskan, tujuh indikator kategori desa Mapan. Termasuk diantaranya regulasi Mapan, pelayanan Mapan, infrastruktur Mapan, kesehatan Mapan, pendidikan Mapan, ekonomi Mapan, dan sosial budaya dan lingkungan yang Mapan.

Alex menekankan agar camat, kepala desa, BPD dan perangkat desa serta segenap unsur di Desa Kualan Hilir dapat mendukung program Desa Mapan di Desa Kualan Hilir.

"Berikan data dengan valid dan benar sehingga dapat mempermudah perencanaan dan intervensi program yang akan dilakukan," ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten III Setda Ketapang, Kadis PMD, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Kadis Pertanian dan Peternakan, Kepala Kesbangpol Ketapang, Forkopincam, Camat Simpang Hulu, Kepala Desa Kualan Hilir, undangan dan lainnya. (Ndi)


Share:
Komentar

Berita Terkini