Tradisi Adat Bejujokng Desa Gema Sebagai Bentuk Rasa Sukur Limpahan Rezeki pada Musim Panen Padi

Editor: Agustiandi author photo

Sekda Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo saat menghadiri acara adat Bejujokng di Desa Gema Kecamatan Simpang Dua, Kamis (17/3/3/2022) (Prokopim).
Simpang Dua (Suara Ketapang) - Komunitas Adat Dayak di Dusun Gerai Desa Gema, Kecamatan Simpan Dua Kabupaten Ketapang mengelar tradisi adat Bejujokng, Kamis (17/3/2022). Tradisi adat budaya itu merupakan bentuk rasa syukur atas dilimpahkan rezeki pada saat musim panen padi. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo yang bergelar Patih jaga Pati Kerajaan Hulu Aik menghadiri acara tersebut. Mewakili pemerintah, dianya sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan terhadap kebudayaan dan tradisi yang ada di Kabupaten Ketapang.

"Hari ini kita bisa hadir menghadiri acara Adat Bejujokng ini sebagai ungkapan syukur kita terhadap panen yang pada tahun ini luar biasa melimpah," ujarnya.

Alex mengaku senang bisa hadir menyaksikan dan menghadiri langsung pada acara adat Bejujokng di Dusun Gerai.

"Saya sudah lama ingin hadiri acara ini dan saya senang sekali lagi karena adat budaya tradisi kita masih kita rawat, masih kita jaga sampai hari ini," ucapnya.

Selain itu ia juga berpesan kepada Kades, Camat dan Masyarakat setempat agar tradisi Bejujokng ini jangan sampai hilang.

"Pesan saya kepada pak Kades, Camat dan seluruh orang tua semua agar tradisi Bejujokng ini jangan sampai hilang," tegasnya.

Selanjutnya Sekda juga mengatakan bahwa ia sudah mengusulkan untuk pusat pengembangan budaya dan adat tradisi di Kecamatan Simpang Dua akan dipusatkan di Desa Gemma Dusun Gerai.

"Saya sudah mengusulkan dan sebagian sudah kita tetapkan bahwa untuk pusat pengembangan budaya dan adat tradisi Kecamatan Simpang Dua ini nanti akan dipusatkan di Desa gemma," paparnya.

Selain itu ia juga berharap agar tradisi Bejujokng ini tahun depan agar tetap terus diadakan.

"Kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan , saya minta untuk tahun depan agar dialokasikan anggaran fasilitasi untuk acara adat Bejujokng ini," pungkasnya. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini