Gempa Tektonik Guncang Ketapang, 25 Km dari Pantai Kendawangan

Editor: Agustiandi author photo

Ilustrasi gempa.
Delta Pawan (Suara Ketapang) - Gempa Bumi Tektonik Magnitudo M 4,9 mengguncang Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, Jumat (1/7/2022) pukul 05:13 WIB. 

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Rahadi Oesman Ketapang, Heru Sukoco mengatakan, gempa ini terjadi di lokasi 25 Km dari Pantai Kecamatan Kendawangan dengan kedalaman gempa 10 km di dasar laut.

"Waktu terjadinya gempa adalah pukul 05:09;42 WIB dan informasi dimutakhirkan pada pukul 05:13;30 WIB, untuk lokasi menurut data masuk ke Desa Keramat Jaya atau 25 km dari pantai," katanya.

Heru mengatakan, Gempa berdurasi kurang dari 5 detik. Kendati demikian guncangannya cukup terasa hingga wilayah padat penduduk di Kecamatan Delta Pawan yang berjarak kurang lebih 85 km dari pusat gempa.

"Gempa ini skala Modified Mercalli Intensity (MMI-red) atau masuk ke dalam kategori III – IV yang berarti getaran dapat dirasakan langsung oleh masyarakat tetapi tidak mengakibatkan kerusakan yang signifikan," jelasnya.

Untuk itu, Heru mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan untuk dapat menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," pintanya.

Sementara itu, satu diantara warga Kecamatan Kendawangan, Efendi mengaku merasakan getaran akibat gempa.

"Kendawangan gempa, terasa rumah sampai bergetar," akunya. 

Warga lain, Wahyu mengaku tidak merasakan gempa. Sebab pada saat kejadian dirinya masih terlelap tidur.

"Tapi keluarga saya yang di Kelurahan Suka Bangun merasakan getaran gempa," ujar warga Mulia Baru Kecamatan Delta Pawan tersebut. (Ndi)


Share:
Komentar

Berita Terkini