Banjir Kembali Rendam Jelai Hulu Ketapang

Editor: Agustiandi author photo

Belasan desa di Kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang Kalbar terendam banjir, Sabtu (8/9/2022).(ist)
Jelai Hulu (Suara Ketapang) - Intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari ini membuat bencana banjir Kembali merendam kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, Sabtu (8/10/2022).

"Kami terus meningkatkan koordinasi memantau perkembangan kondisi di lapangan," kata Camat Jelai Hulu, Markus saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (8/10/2022).

Markus memaparkan, sejumlah desa yang terdampak banjir terdiri dari Desa Pasir Mayang, Desa Rangga Intan, Desa Sidahari, Desa Deranuk Dusun Limus, Desa Periangan, Desa Asam jelai, Desa Biku Sarana, Desa Kesuma Jaya, Desa Riam Danau Kanan, Desa Tebing Berseri dan Desa Pangkalan Suka.

"Saat ini banjir sudah merendam sejumlah Desa di kecamatan Jelai Hulu. Kedalaman air bervariasi, namun beberapa umumnya sudah cukup parah. Seperti di Desa Periangan, Asam Jelai dan Kesuma Jaya'" ujar Markus.

Banjir,lanjut Markus bahkan setinggi dada orang dewasa. Di beberapa lokasi ada yang lebih dalam. Sebagian warga ada yang mengungsi, namun ada juga yang tetap bertahan di rumah mereka dengan membuat apar-apar atau semacam panggung.

Biasanya, banjir akan turun dari wilayah hulu menuju hilir. Jika banjir di hulu mulai surut, maka air turun merendam wilayah di bawahnya seperti desa Periangan, Desa Asam Jelai dan Desa Biku Sarana.

Markus menyebutkan, saat ini baru sebagian Kepala Desa yang menyampaikan informasi terkait kondisi banjir di Desa mereka. Pihaknya terus berkoordinasi dan memantau kondisi banjir di sejumlah lokasi Desa - Desa yang terendam banjir di Kecamatan Jelai Hulu.

"Saya juga menghimbau kepada warga agar terus waspada terkait bencana banjir ini. Kita tentu berharap banjir ini segera surut," pungkasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini