Komit Bersama Turunkan Stunting di Kabupaten Ketapang

Editor: Agustiandi author photo

Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan bersama Wakil Bupati Ketapang dan jajaran berfoto bersama. (Ist)
Delta Pawan (Suara Ketapang) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan menyaksikan penandatanganan komitmen bersama Tim Percepatan Penangangan Stunting di Kabupaten Ketapang, Jumat (7/10/2022). 

Sebanyak delapan poin penting di komitmen bersama itu. Diantaranya pelaksanaan pertemuan daerah dalam percepatan penurunan stunting bersama OPD, Camat, kades dan lainnya.

Kemudian melakukan aksi konvergensi dan integrasi program kegiatan terkait stunting. Melakukan pengumpulan, pemantauan, evaluasi, pelaporan, publikasi data serta program percepatan penurunan stunting secara berkala (3 bulan sekali).

Menyusun kebijakan dan melaksanakan sosialisasi perubahan perilaku dan komunikasi dalam percepatan penurunan stunting. Lalu, meningkatkan peran desa dengan melibatkan tiga pilar yaitu kades, babinsa, babinkamtibmas dalam melakukan konvergensi percepatan penurunan stunting.

Menjalin kerjasama dan saling berkoordinasi antar lintas sektor dalam mempercepat turunnya stunting. Kemudian melakukan kegiatan intervensi stunting sesuai program dan kegiatan perangkat daerah. Di poin terakhir harus melaksanakan kegiatan ini dengan penuh tanggung jawab.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan menyampaikan, pencegahan stunting harus dilakukan bersama. 

"Asupan makanan juga harus bergizi.  Jangan anak dikasi Indomie terus," ujarnya.

Iapun paham, kondisi perekonomian saat ini tengah sulit. Dan itu menjadi salah satu alasan masyarakat tak mampu memberikan asupan gizi yang sempurna. Namun, dia meminta untuk asupan gizi anak sebaiknya dapat diutamakan dan diusahakan buat anak. 

Dalam upaya percepatan penurunan stunting, Pemerintah juga berupaya dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menjadi bapak dan bunda asuh anak stunting.

Share:
Komentar

Berita Terkini