Sekda Lantik Kepala Sekolah SD dan SMP di Ketapang

Editor: Agustiandi author photo

Sekda Ketapang Alexander Wilyo melantik para Kepala Sekolah, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Ketapang, di Pendopo Bupati Ketapang, Rabu (21/12/2022). (Ist).
Ketapang (Suara Ketapang) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri sekaligus melantik dan para Kepala Sekolah, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Ketapang, bertempat di Pendopo Bupati Ketapang, Rabu (21/12/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Sekda mengucapkan selamat kepada semua Kepala Sekolah yang baru saja dilantik. Dia berharap agar kepercayaan dan amanah yang diberikan dapat diemban dengan sebaik mungkin dan penuh tanggung jawab.

"Pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan pada hari ini dimaksudkan untuk mencapai indikator kinerja utama. Salah satu keberhasilan indikator yang tertuang dalam indikator kinerja utama adalah indeks pendidikan. Indeks pendidikan ini menjadi salah satu elemen dalam indeks pembangunan manusia (IPM-red)," katanya.

Sekda menjelaskan, berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2017 , beban kerja kepala satuan pendidikan sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan.kepala sekolah tidak dibebani tugas pembelajaran walaupun dalam keadaan tertentu dapat melaksanakan tugas pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan guru pada sekolah.

"Hal tersebut dijadikan motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja memimpin dan mengelola sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan," tuturnya.

Sekda menambahkan, kalau paradigma pendidikan saat ini juga menawarkan begitu banyak program, utamanya dari kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi yang bisa diikuti, seperti m program sekolah penggerak, menjadi pengajar praktik bagi guru penggerak ,kampus mengajar dan masih banyak lagi yang lainnya, dimana dari semua program tersebut mempunyai tujuan untuk menciptakan profil pelajar Pancasila, yang beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak mulia, mandiri , bernalar kritis,berkebhinekaan global, bergotong royong dan kreatif.

"Kepala Sekolah, Memiliki tugas sebagai pemimpin di bidang pembelajaran, pengembangan kurikulum, administrasi staf dan kesiswaan, hubungan masyarakat,serta yang paling mendasar adalah menjadi tauladan dalam pembentukan karakter siswa di lingkungan sekolah masing-masing.lebih dari itu , kepala sekolah juga dituntut untuk memastikan anak usia sekolah dilingkungannya agar bisa terfasilitasi pendidikannya untuk meningkatkan angka harapan sekolah dan rata-rata lama sekolah di Kabupaten Ketapang," harapnya.

Turut Hadir dalam Pelantikan Tersebut Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekretaris Daerah, dan Para Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang Para Kepala Sekolah. 

Share:
Komentar

Berita Terkini