Nama Wabup Farhan Dicatut Akun Palsu, Minta Setoran Agar Dapat Bantuan Hibah Rumah Ibadah

Editor: Agustiandi author photo

Ilustrasi.(ist)
Ketapang (Suara Ketapang) - Nama Wakil Bupati Ketapang Farhan dicatut orang yang tak bertanggung jawab di Aplikasi WhatsApp. Akun tersebut juga bahkan menggunakan nama dan foto profil orang nomor dua di Kabupaten Ketapang itu. 

Beberapa hari belakangan ini, nomor WhatsApp 0821-4103-6636 yang menamai dirinya ~H. FARHAN dikabarkan telah menghubungi sejumlah pengurus rumah ibadah di Kabupaten Ketapang.

Modusnya meminta uang setoran, dengan iming-iming bakal dan dijanjikan mendapat bantuan rumah ibadah dari APBD Kabupaten Ketapang.

Bahkan pelaku juga meminta nomor rekening pengurus rumah ibadah. Kemudian pelaku seolah-olah mengirimkan sejumlah dana ke korban dengan bukti transfer palsu. Setelah itu pelaku meminta korban mengirimkan kembali sebagian dana tersebut ke nomor rekening atas nama panti asuhan yang lagi-lagi panti asuhan palsu. Kabarnya telah ada korban yang telah dirugikan atas kasus penipuan tersebut.

Menyikapi hal itu, Wakil Bupati Ketapang Farhan menerbitkan Surat Edaran nomor 6 tahun 2023 tentang Pencatutan dan Penipuan. 

Surat Edaran yang diteken Farhan secara elektronik pada Kamis 23 Februari itu menegaskan bahwa akun WhatsApp tersebut tidak benar.

Farhan pun mengimbau pengurus rumah ibadah, organsiasi kemasyarakatan dan pengurus yayasan untuk berhati-hati terhadap informasi yang belum tentu kebenarannya, atau dapat menghubungi langsung ke bagian Kesra Setda Ketapang. 

Share:
Komentar

Berita Terkini