Sekda Pimpin Ziarah Akbar ke Situs Cagar Budaya Keramat Sembilan

Editor: Agustiandi author photo

Sekda Ketapang Alexander Wilyo saat membacakan kata sambutan pada kegiatan ziarah Akbar Keramat Sembilan di Desa Negeri Baru Kecamatan Benua Kayong, Jumat (10/3/2023). (Ist)
Ketapang (Suara Ketapang) - Ziarah Akbar di situs cagar budaya Keramat Sembilan menjadi salah satu rangkaian acara hari jadi Ketapang ke 605. 

Sekda Ketapang Alexander Wilyo memimpin ziarah akbar di Keramat Sembilan yang berada Desa Negeri Baru Kecamatan Benua Kayong, Jumat (10/3/2023) sore.

Tak hanya dari Pemerintah Kabupaten Ketapang, ziarah itu juga diikuti oleh Perkumpulan Lawang Kakayun (PLK), Persatuan Orang Melayu (POM) dan Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) dan Dewan Adat Dayak (DAD).

Mewakili bupati, Alexander Wilyo menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia pelaksana yang telah bekerja dalam mensukseskan kegiatan ziarah akbar ini. Diakui Sekda kalau kegiatan hari merupakan bagian dari komitmen Pemerintah dalam mengenang sejarah. 

"Sejarah adalah hal penting, jadi ziarah yang kita laksanakan di situs bersejarah ini merupakan refleksi tentang sejarah dan peradaban di Kota Ketapang, Tanah Kayong Negeri Betuah, agar kita dan generasi muda mengetahui bagaimana sejarah Ketapang," katanya.

Selain itu, Sekda melanjutkan, bahwa ziarah yang dilakukan merupakan amanah dari Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Ketapang Nomor 7 Tahun 2012 tentang penetapan hari jadi Ketapang dan Peraturan Bupati (Perbup) Ketapang Nomor 5 Tahun 2020 tentang tata cara peringatan hari jadi Ketapang.

"Selain itu, ziarah sebagai bentuk penghormatan kita kepada para leluhur yang turut berjuang mendirikan Ketapang, sekaligus momen untuk meneladani sifat-sifat baik dari para tokoh pendahulu Ketapang yang dapat kita warisi dalam mengisi pembangunan di Ketapang sesuai visi misi melanjutkan ketapang maju menuju masyarakat sejahtera," tuturnya.

Sekda berharap melalui momentum hari jadi Ketapang, semua elemen dapat selalu kompak satu tekat untuk membangun Ketapang maju, berkembang menuju masyarakat sejahtera. Selain itu dirinya menutup sambutan dengan membacakan pantun.

Masa itu sungguhlah indah

Negeri Matan Tanjungpura

Masa Lalu Peninggalan Sejarah

Tinggi nilainya tiada terkira.

 

"Beli Kolak Ke Kampung Padang,

Singgah Sebentar Di Mulia Kerta.

Selamat Ulang Tahun Kota Ketapang

Semoga Makin Maju Dan Sejahtera," tutupnya. 

Share:
Komentar

Berita Terkini