1 Helikopter Disiagakan di Ketapang untuk Penanganan Karhutla, Hari Ini Mulai Patroli

Editor: Agustiandi author photo

BNPB mengerahkan dua unit helikopter penanganan Karhutla di Kalbar. Satu unit diantaranya akan disiagakan di Kabupaten Ketapang. (Ist).
Ketapang (Suara Ketapang) - BNPB mengerahkan dua unit helikopter penanganan Karhutla di Kalbar. Satu unit diantaranya akan disiagakan di Kabupaten Ketapang.

Ketua Satgas Informasi Bencana BPBD Provinsi Kalbar Daniel mengatakan, dua unit helikopter tersebut masing-masing akan ditempatkan di Pontianak dan Kabupaten Ketapang.

"Helikopter Bell 206 PK akan ditempatkan di Pontianak, sementara Helikopter AS 250, basenya di Kabupaten Ketapang, dua helikopter ini juga akan berpatroli di kabupaten terdekat," papar Daniel, Sabtu (17/6/2023).

Daniel menuturkan, Helikopter Bell 206 PK yang ditempat di Kota Pontianak, akan menyasar wilayah udara Kabupaten Kubu Raya, Kota Singkawang, Bengkayang dan Kabupaten Sambas.

"Helikopter AS 250 yang kita tempatkan di Kabupaten Ketapang, wilayah sasaran Patroli Udara sorti Satu Kabupaten Kubu Raya, Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang, hari ini sudah mulai melakukan patroli udara," katanya.

Daniel menjelaskan, penetapan wilayah operasi ini didasarkan bahwa di wilayah tersebut terdapat titik panas yang patut diwaspadai. Apabila Patroli udara ini menemukan kebakaran, maka Satgas Udara akan menyampaikan informasi bahwa perlu dilakukan operasi pemadaman

"Jika wilayah sulit, tidak ada sumber air dan tidak dapat dilewati kendaraan maka akan dilaksanakan water bombing, jika masih ada terdapat sumber air dan dapat akses yg baik maka Satgas Darat akan melakukan operasi pemadaman," katanya.

Daniel menambahkan, Helikopter MI 8 UR untuk water bombing sudah disiagakan sewaktu-waktu dapat digerakkan melakukan water bombing.

Daniel mengimbau petani yang memiliki lahan di area terbuka untuk memberikan tanda patok berupa bendera (kain berwarna).

"Di empat penjuru supaya petugas patroli udara dapat mengenal bahwa lahan itu milik petani yang sedang buka lahan utk bercocok tanam," pungkasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini