Ratusan Warga Gotong Royong Perbaiki Jalan di Kecamatan Jelai Hulu

Editor: Agustiandi author photo

Warga dari 7 Desa di Kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang memperbaiki jalan yang rusak dengan swadaya, Rabu (19/7/2023). (Ist).
Jelai Hulu (Suara Ketapang) - 160 orang yang berasal dari tujuh desa bergotong royong memperbaiki jalan di Kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang, Rabu (19/7/2023).

Kepala Desa Penyarang, Kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang, Robertus Surya mengatakan, jalan yang diperbaiki berstatus jalan kabupaten. Sebelumnya, jalan tersebut berupa tanjakan yang cukup curam, kondisinya licin, terjal dan berbatu. Akibatnya banyak dari pengguna jalan yang mengalami kecelakaan.

Robertus Surya mengatakan, melihat kondisi tersebut, pihaknya bersama sejumlah desa lainnya berinisiatif memperbaiki jalan dengan cara swadaya. Mereka lalu menggalang dana dari warga dan para donatur.

"Dari hasil urunan dana, kami berhasil mengumpulkan dana Rp 12.754.000, ada juga semen 40 sak dan pasir dua kubik. Dana ini kemudian kami belanjakan untuk keperluan dan bahan perbaikan jalan," katanya kepada Suaraketapang, Rabu (19/7/2023) malam.

Robertus Surya berujar, lokasi jalan tanjakan yang mereka perbaiki itu diberi nama "Lambang Seruga". Jalan tersebut menghubungkan antara Desa Penyarang menuju Periangan, Riam Ibu Kota Kecamatan Jelai Hulu. 

Robertus Surya memaparkan, selain Desa Penyarang, sejumlah desa yang berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong itu mulai dari Desa Periangan, Semantun, Tebing Berseri, Kusik Batu Lapu, Biku Sarana dan Desa Asam Jelai. Tak hanya warga desa, gotong royong ini juga diikuti oleh pihak pemerintah kecamatan termasuk kalangan TNI-POLRI. 

"Jalannya kami rambat beton dengan lebar 3 meter panjang 50 meter. Kami kerjakan dengan gotong royong, swadaya masyarakat. Ini kami lakukan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan para pengguna jalan," ucapnya.

Robertus Surya menambahkan, selain warga desa, perbaikan jalan juga dibantu pihak perusahaan dengan mengerahkan alat berat, guna meratakan tanjakan jalan tersebut.


Share:
Komentar

Berita Terkini