BGA Group Salurkan CSR untuk Bikin Objek Agrowisata di Bukit Bidadari Ketapang

Editor: Agustiandi author photo

Seremonial tanam perdana untuk Agrowisata kebun buah Bukit Bidadari di Desa Pebihingan, Kecamatan Pemahan, Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, Kamis (10/8/2023). (Ist).
Pemahan (Suara Ketapang) - Bumitama Gunajaya Agro (BGA Group) bersama warga Desa Pebihingan, melakukan tanam perdana agrowisata kebun buah Bukit Bidadari, Kamis (10/8/2023).

Objek Agrowisata tersebut berada di Desa Pebihingan, Kecamatan Pemahan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Seremonial tanam perdana ini juga turut dihadiri dan diresmikan oleh Wakil Bupati Ketapang Farhan. 

Direktur Utama PT AMS (BGA Group), Kamsen Saragih menjelaskan, Agrowisata Bukit Bidadari merupakan program Corporate social responsibility (CSR) BGA Group melalui misi Bumitama Berdaya.

Menurut Kamsen, tak hanya dijadikan agrowisata, lokasi ini juga akan dimanfaatkan untuk wisata edukasi masyarakat khususnya pelajar. Di dalamnya akan ada beragam jenis kebun buah, tanaman rempah, budidaya ikan air tawar, hingga taman bermain, seperti wahana outbond dan Flying Fox. 

"Target kami luas arealnya 12 hektar, saat ini yang sudah dibuka ada delapan hektar. Agrowisata ini nanti akan dikelola bersama-sama oleh desa dan koperasi mitra yakni Koperasi Pemahan Bersatu," papar Kamsen.

Kamsen Saragih menekankan, BGA Group terus berkomitmen dalam memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, dengan beragam program CSR. 

"Pemanfaatan lahan tidur yang kami jadikan lokasi Agrowisata ini diharapakan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, jadi tak hanya sekedar dari hasil koperasi kebun saja, ada sumber lain yang dapat meningkatkan perekonomian warga desa," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Pemahan Bersatu, Dodi menjelaskan, agrowisata kebun buah Bukit Bidadari ini merupakan bentuk usaha lain yang dikelolanya. Usaha ini dapat memberikan tambahan penghasilan melalui Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi. 

"Kebun buah ini tidak menjadi hutang koperasi, murni program CSR perusahaan PT. BGA dengan mekanisme dana bergulir," jelasnya.

Doni mengatakan, setelah pengembalian dana ini selesai dengan estimasi selama 10 tahun, makanya kebun buah akan menjadi milik Koperasi Pemahan Bersatu.

"Kami warga Desa Pebihingan yang tergabung dalam Koperasi Pemahan Bersatu mengucapkan terima kasih dan dedikasi yang tinggi untuk PT. BGA melalui program CSR ini," ucapnya.

Kepala Desa (terpilih) Pebihingan, M. Nurdin menyambut baik program CSR dari BGA Group tersebut. 

M. Nurdin berharap Agrowisata kebun buah Bukit Bidadari tersebut dapat benar-benar bermanfaat, tak hanya bagi warga setempat namun juga untuk masyarakat secara umum. 

Ia mengajak seluruh warganya untuk mendukung program tersebut, sebab program agrowisata ini dapat meningkatkan konservasi lingkungan dan sekaligus menambah estetika dan keindahan alam di Bukit Bidadari. 

"Saya mewakili warga Desa Pebihingan mengucapkan terimakasih untuk BGA, mudahan-mudahan program ini berjalan sesuai harapan kita bersama, pungkasnya. (Ndi) 

Share:
Komentar

Berita Terkini