Dialog Kebangsaan BGA Group

Editor: Agustiandi author photo

Manjemen BGA Group bersama narasumber berfoto bersama usai menggelar dialog kebangsaan di kantor pusat BGA di Jakarta, Jumat (30/8/2024). (ist) 
Jakarta (Suara Ketapang) - Perusahaan perkebunan kelapa sawit bersifat padat modal dan padat karya, sehingga kehadirannya di suatu daerah pasti mengakibatkan terjadinya persinggungan antara budaya yang dibawa oleh karyawan yang bersifat heterogen, budaya masyarakat lokal dan budaya kerja Perusahaan.  

Atas dasar hal tersebut di atas maka Akulturasi Budaya merupakan suatu keniscayaan, oleh karena itu manakala tidak dilakukan rekayasa sosial maka akan terbangun budaya baru yang kontra produktif dan bertentangan dengan nilai-nilai luhur kearifan lokal. 

Dibutuhkan transformasi budaya yang dilandasi dengan semangat perubahan yang tetap menjunjung tinggi nilai-nilai luhur agar dapat memetik nilai kebaikan yang penuh manfaat.  

Dalam realitas tersebut, BGA (Bumitama Gunajaya Agro) Group yang bergerak dalam usaha perkebunan sawit di daerah, berpandangan perlu dicari terobosan upaya mewujudkan Akselerasi Akulturasi Budaya yang mendukung Investasi Usaha di satu sisi dan berkembangnya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di sisi lain, serta mampu mewujudkan harmoni kehidupan sosial. 

Dengan kesuksesan bersama akan membuka peluang kerja, peluang usaha, berkembangnya ekonomi produktif dan kreatif yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 

Sehubungan dengan persoalan di atas, dalam upaya ikut serta mewujudkan Akselerasi Akulturasi Budaya maka BGA Group berupaya untuk menggali gagasan pemikiran dalam sebuah acara Dialog Kebangsaan. 

Acara ini menghadirkan narasumber tingkat Nasional dari Kalimantan Tengah, Dr. Agustin Teras Narang S.H., yang memiliki pengalaman dan kapasitas sesuai permasalahan tersebut. 

Dialog Kebangsaan tersebut mengedepankan pokok bahasan masalah akulturasi budaya sebuah keniscayaan dengan hadirnya investasi di daerah, lambatnya proses akulturasi dapat mengakibatkan kesenjangan sosial, ekonomi, budaya dan potensial menimbulkan konflik sosial. 

Mewujudkan akulturasi budaya sebuah tantangan dan peluang untuk mendukung investasi usaha di daerah yang berkelanjutan hingga strategi untuk mewujudkan akulturasi budaya guna membangun iklim usaha dan perbaikan taraf hidup masyarakat. 

Dialog Kebangsaan dengan tema ”Akulturasi Budaya Sebuah Keniscayaan untuk Mendukung Investasi Usaha: Tantangan dan Peluang Mewujudkan”, merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-79 RI di BGA. Kegiatan dilakukan secara offline di kantor pusat dan online untuk karyawan yang ada di kebun, pada 30 Agustus 2024. 

Dialog Kebangsaan merupakan tradisi yang rutin dilaksanakan di BGA sebagai bentuk kontribusi pemikiran untuk memecahkan permasalahan Bangsa dan memperkuat jiwa Nasionalisme. 

Diharapkan, gagasan pemikiran yang berkembang dalam dialog dapat menjadi masukan bagi pelaksanaan Akselerasi (percepatan) Akulturasi Budaya di lapangan yang dijalankan oleh BGA Group bekerjasama dengan Pemerintah, Lembaga Adat, Organisasi Masyarakat dan pihak lainnya. (Ri/Ad) 

Share:
Komentar

Berita Terkini