Demplot Kol Dinas Pertanian Ketapang Berhasil

Editor: Editor : Redaksi author photo
Kol  (Brassica oleracea var. capitata) yang dibudidayakan di halaman Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kab. Ketapang
Ketapang  (Suara Ketapang) - Demonstrasi Usaha Tani Perorangan (Demplot) sayur kol  (Brassica oleracea var. capitata) yang budidayakan  Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Ketapang dinilai berhasil. Hal ini terbukti setelah masa tanam 60 hari sayur yang juga  biasa disebut kubis tersebut dapat tumbuh dengan baik dan dapat menghasilkan kol dengan berat bersih 1,8 hingga 1,9 kilogram.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Ketapang Sikat Gudag menjelaskan budidaya kol tersebut merupakan percontohan pertama yang pihaknya kembangkan. Kol tersebut ditanam di tengah kota yakni di halaman kantor dinas pertanian itu sendiri.

"Pupuknya ini kita menggunakan program pengolahan pupuk organik. (Pupuknya) sudah produksi di Tempurukan dan Desa Sungai Pelang. Ternyata kol ini bisa kita tanam di Ketapang," kata Sikat Gudag Jum'at (30/8/2019).

Untuk diketahui kol atau kubis yang ditanam tersebut jenis kubis sehati atau nama lain kubis tipe gepeng. Sayur ini cocok ditanam di dataran rendah hingga menengah. Crop besar padat dengan rasanya renyah dan manis. Satu hektar kebun kol diperkiraan dapat mencapai hasil hingga 55 ton.

"Dengan acara ini, harapan kita akan tersebar ke seluruh petani baik di kota maupun di pedalaman. Kol bisa ditanam di Ketapang," sebutnya.

"Bagi yang mau menanam bibitnya tersedia,mau nanam cabe mau nanam kol bibit nya sudah tersedia," pungkasnya. (ndi)


Share:
Komentar

Berita Terkini