Kebakaran Hanguskan Puluhan Hektar Perkebunan Sawit di Marau

Editor: Editor : Redaksi author photo
Lokasi kebun sawit kebakaran
Ketapang (Suara Ketapang) -Telah terjadi kebakaran lahan di area kebun divisi 4 Marau Raya Estate (MRYE) PT Karya Bakti Agro Sejahtera (KBAS) BGA Group di Desa Rangkung Kecamatan Marau Ketapang.

Kebun milik BGA yang terbakar berbatasan dengan kebun warga sekitar dan kebun PT BAL Minamas group sesuai dengan pantauan Lapan Fire Hotspot pada hari Kamis (29/8 2019) dengan titik koordinat 2°12'04.4"S 110°36'48.4"E.

Diperkirakan api berasal dari divisi 4 MRYE  pada malam hari pada Rabu (28/8/2019) pukul 23.00 wib dalam skala kecil disebabkan tiupan angin dan  cuaca panas yang menyebabkan kondisi lahan kekeringan, api menyebar dengan cepat  hingga ke Divisi 3 MRYE dan lahan masyarakat.

Upaya pemadaman dilakukan oleh satgas karhutla PT. KBAS dan PT. BAL Minamas group serta personil Polsek Marau menggunakan kep semprot serta dilakukan isolasi dengan cara pemutusan jalan api sehingga api tidak menyebar luas.

Kapolsek Marau, IPTU I Ketut Pasek Sudina, S.I.K saat dikonfirmasi mengatakan bahwa hampir semua areal perkebunan di Kecamatan Marau kering  akibat musim kemarau, ini  membuat sangat  rentan terjadinya kebakaran. Ia juga menjelaskan bahwa sarana air di area yang terbakar sangat terbatas  karena kering akibat musim kemarau.

"Beberapa kendala saat pemadaman diantaranya  jembatan putus karena terbakar mengakibatkan unit tangki damkar tidak dapat masuk ke lokasi serta tidak adanya sumber air di sekitar lokasi kebakaran akibat musim kemarau,"jelasnya Kamis (29/8/2019)

Hingga berita ini dibuat, kebakaran berangsur mengecil dan mulai dapat dipadamkan sekitar pukul 17.15 wib. Tidak ada korban jiwa pada saat kebakaran. (jan)

Share:
Komentar

Berita Terkini