Sekda Ketapang Buka Rakor Tim Inovasi Kabupaten

Editor: Layli author photo
Pembukaan Rakor Tim Inovasi Kabupaten 
Ketapang (Suara Ketapang) - Mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan, Pemerintah Kabupaten Ketapang menggelar rapat koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) di Hotel Aston, Kamis (29/8/2019).

Rapat yang dihadiri organisasi perangkat daerah (OPD) yang berkaitan dengan program inovasi desa, camat, tim ahli pemberdayaan masyarakat, pendamping desa pemberdayaan dan pendamping desa teknik infrastruktur P3MD dan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) se-Ketapang tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah, H.Farhan SE, M.Si.

Sebelum dibuka, tujuan rapat koordinasi dijelaskan oleh Drs Heryandi M.Si sebagai ketua panitia pelaksana.

Menurut Kepala Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Ketapang bahwa tujuan melakukan program program inovasi desa adalah mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan social ekonomi masyarakat dan kemandirian desa. Demikian juga meningkatkan efektivitas pembangunan dana desa melalui proses pengelolaan pengetahuan secara sistematis terencana dan partisipatif.

Adapun target dan sasaran pelaksana inovasi desa (PID) secara resmi dilaksanakan sejak tahun anggaran 2017. Program ini sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pengelolaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa khususnya dalam pemanfaatan dana desa .

PID diharapkan memberikan rujukan inovasi bagi desa-desa serta merevitalisasi peran pendamping, khususnya yang kenaan dengan pengembangan potensi ekonomi local dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia serta infastruktur desa, PID juga diharapkan mampu mampu memotivasi munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif di desa dan antar desa.

Sementara itu, Bupati Ketapang yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, H.Farhan SE, M.Si menerangkan program inovasi desa secara resmi dilaksanakan sejak tahun anggaran 2017 .

Melalu rapat koordinasi tim inovasi kabupaten diharapkan menjadi media pembelajaran dan peningkatan kapasitas bagi pelaku program - program dalam lingkup pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa mengenai konsep, prinsip, prosedur, tahapan pelaksanaan program dan kebijakan kebijakan terbaru terkait pendampingan implementasi undang - undang desa.

Selain itu juga diharapkan dapat menjadi pintu masuk sinergisitas program - program yang akan masuk ke desa sehingga upaya pelembagaan dan pengorganisasian pendampingan implementasi undang - undang desa dalam masyarakat dan sistem pemerintahan dapat berjalan lebih optimal.

"Saat ini Kabupaten Ketapang menjadi wilayah prioritas pengembangan sumber daya manusia di provinsi Kalimantan Barat bersama dengan Kabupaten Sambas dan Kabupaten Sintang," tegas Sekda Ketapang, H.Farhan SE, M.Si.

Sekda Ketapang menerangkan bahwa peruntukan alokasi dana bantuan pemerintah program inovasi desa ini difokuskan pada kegiatan bidang sumber daya manusia dalam upaya peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan. Khususnya pada peningkatan pelayanan bagi masyarakat rumah tangga miskin untuk dapat mengakses pelayanan PAUD dan posyandu yang bermutu. Peruntukan dana pada kegiatan ini harus sinkron dengan perencanaan di desa dalam hal konvergensi stunting di Kabupaten Ketapang.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini saya selaku sekretaris daerah mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang mengucapkan terima kasih sebesar - besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam tahapan pelaksanaan program inovasi desa di Kabupaten Ketapang," ucap H.Farhan SE, M.Si.

Tak lupa, Sekda Ketapang mengucapkan terima kasih kepada Tim Inovasi Kabupaten dan seluruh panitia pelaksana yang sudan mampu bekerja sama demi kesuksesan rapat koordinasi tim Inovasi Kabupaten. (Humas Pemkab Ketapang)
Share:
Komentar

Berita Terkini