Institut Perahu Edukasi Ketapang Bagikan 1000 Masker

Editor: Editor : Redaksi author photo
Perahu Edukasi Ketapang bagikan masker
Ketapang (Suara Ketapang) -  Kabut asap pekat yang melanda Kalimantan Barat dan khususnya Kabupaten Ketapang beberapa waktu belakangan ini membuat resah sebagian besar masyarakat.

Berbagai macam upaya dilakukan oleh pemerintah daerah, aparat TNI, Polri, Tagana, BNPB, Komunitas, Relawan serta seluruh elemen masyarakat ikut andil dalam mengatasi fenomena alam tahunan yang pada tahun ini tercatat sebagai bencana alam terparah sepanjang sejarah.

Dari fenomena alam yang terjadi inilah sehingga mendorong Dompet Ummat Kalimantan Barat untuk menggelar peduli kabut asap dengan cara mendistribusikan bantuan masker kapada relawan dan mitra Dompet Ummat di setiap daerah di Kalimantan Barat untuk melakukan aksi bagi-bagi masker di sejumlah titik di daerahnya masing-masing yang terdapampak kabut asap seperti halnya di Ketapang yang dilakukan oleh Institut Perahu Edukasi Ketapang kepada masyrakat setempat, Minggu, (15/9/2019) sore.

Ditemui di sela-sela kegiatan aksi sosial tersebut, Fachrur Rizal selaku kordinator kegiatan aksi sosial bagi-bagi1000 masker tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk kepedulian Dompet Ummat Kalimantan Barat melalui Institut Perahu Edukasi Ketapang kepada masyarakat atas kabut asap yang dampaknya sangat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“saat itu Institut Perahu Edukasi Ketapang menerima bantuan yang akan dikirim oleh Dompet Ummat Kalimantan Barat untuk membagikan bantuan masker sebanyak 1000 lembar” katanya.

Ia juga berharap, masyarakat sadar dan mengetahui bahaya kabut asap dengan tidak melakukan banyak aktivitas diluar rumah serta mengajak semua elemen masyarakat khususnya pemerintah untuk peduli atas fenomena kabut asap ini.

Dijelaskan bahwa bantuan 1000 masker ini telah didistribusikan oleh relawan Institut Perahu Edukasi Ketapang kepada masyarakat langsung yang berlokasikan di simpang RSUD. Agoesdjam Ketapang, Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Jihad Ketapang, Siswa PAUD Al-Jihad Ketaopang dan warga masyarakat RT.07, RW.03 Kelurahan Mulia Kerta Ketapang.

"Bencana asap tebal yang menimpa masyarakat Kalimantan dan Sumatera, khususnya di Kalbar, merupakan bencana tahunan yang menjadi keprihatinan khusus kita bersama. Institut Perahu Edukasi Ketapang sebagai bagian dari masyarakat Kalimantan Barat sejak lama memiliki komitmen untuk membantu semua pihak dalam merespon bencana asap ini melalui lini pendidikan." ujarnya.

Menurutnya, pembagian masker masker oleh para relawan Institut Perahu Edukasi Ketapang itu adalah salah satu inisiatif yang dapat membantu masyarakat untuk menyadari bahwa asap itu berbahaya bagi kesehatan. Apalagi status kabut asap yang menimpa di Ketapang telah ditetapkan “Sangat Tidak Sehat”.

"Pada gilirannya nanti masyarakat akan teredukasi lebih lanjut untuk pro-aktif dalam mencegah bencana asap dengan mendukung pemerintah dan semua pihak untuk sadar atas bencana asap yang sedang melanda Kalimantan Barat ini khususnya Ketapang," ujar pemuda yang juga merupakan akademisi di STAI Al-Haudl Ketapang ini.

Pihaknya juga dalam hal ini Institut Perahu Edukasi Ketapang menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada Dompet Ummat Kalimantan Barat yang telah menginisiasi serta memberikan bantuan 1000 masker tersebut dalam membantu terselenggaranya kegiatan pembagian masker ini. Semoga ke depannya semakin banyak donatur yang akan berbagi kebaikan melalui Dompet Ummat Kalimantan Barat. Imbuhnya

Tak lupa juga Ia sampaikan bahwa bagi masyarakat siapapun bisa mendonasikan rezekinya agar dapat disalurkan dengan baik oleh Dompet Ummat Kalimantan Barat dengan cara menghubungi Ibu Nurhayati melalui telpon dan whatsaap di 085245468580 atau kunjungi alamat facebooknya di Dompet Ummat (Ndi).
Share:
Komentar

Berita Terkini