Ketapang Dikepung 452 Titik Panas

Editor: Layli author photo
Sumber: Website BMKG
Ketapang (Suara Ketapang) - Berdasarkan pengolahan data Lapan hingga Kamis (5/9/2019) sudah terpantau 452 titik panas yang tersebar di seluruh kabupaten Ketapang Kalimantan Barat.  Akibatnya asap pekat mulai terpantau di ibu kota kabupaten tersebut. Jumlah titik panas tersebut menjadi yang terbesar jika dibandingkan seluruh kabupaten kota se Kalimatan Barat.

"Berdasarkan pengolahan data Lapan mengenai sebaran titik hotspot di Kalbar pada, Rabu (4/9/2019) sampai dengan Kamis, (5/9/2019) pukul 07.00 WIB, terdapat 452 titik hotspot di wilayah Kabupaten Ketapang,” kata Kepala BMKG Stasiun Metereologi Kelas III Rahadi Oesman Ketapang, Aqil Ihsan.

Selain berdampak pada aktifitas masyarakat, kabut asap juga sempat mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Rahadi Oesman lantaran jarak pandang berada dibawah 2700 meter.

" Karena kondisi jarak pandang, tadi pagi penerbangan terganggu. Ada pesawat yang delay dari Pontianak ke Ketapang karena pagi tadi visibility dibawah 2700 meter. Namun sekitar jam 09.30 wib sudah normal kembali," ujarnya.

Berdasarkan prediksi BMKG Ketapang dalam tiga hari kedepan belum ada peluang hujan di wilayah ketapang. Sehingga potensi Karhutla sangat mudah terjadi.

"Bagi masyarakat kami imbau tidak melakukan karhutla lagi, sebab jika kondisi Karhutla semakin tinggi dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan dan jarak pandang," pungkasnya. (ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini