Pantauan Citra Satelit, Kalbar Bersih Dari Hotspot

Editor: Redaksi author photo

Informasi Sebaran Hotspot  (27/9/2019) pukul 17:00 WIB, Memperlihatkan Kalbar Bersih dari Hotspot
Ketapang (Suara Ketapang) - Mengacu pada  Informasi sebaran hotspot  berdasarkan pengolahan data Lapan 27 September 2019 hingga pukul 17:00 WIB tidak ditemukan satupun titik panas di Kalimatan Barat.

14 Kabupaten Kota Se-kalimantan Barat tampak bersih dari hotspot yang selama ini selalu menghiasi citra satelit. Kabupaten Ketapang yang biasanya menjadi langganan hotspot terbanyak pun menunjukkan angka nol.

Kepala BMKG Rahadi Oesman Ketapang Aqil Ihsan mengatakan, meski hotspot mendadak hilang bukan berarti kebakaran hutan dan lahan tidak ada. Satelit bisa saja tidak mendapatkan data karena tertutupi awan.

"Kelemahan citra satelit seperti itu, bila tertutup awan tidak dapat menangkap suhu panas di bawahnya dengan baik," kata Akil Ihsan, Jum'at (27/9/2019) malam.

Lebih jauh Aqil Ihsan mengatakan berdasarkan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG Pontianak pada (27/9) hingga pukul 16:00 WIB masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Daerah yang berpotensi hujan tersebut diantaranya Sambas, Ketapang, Kubu Raya, Kayong Utara, Mempawah, Landak, Bengkayang, Sekadau, Sanggau dan Sintang.

Namun, untuk di Ketapang sendiri, hujan diperkirakan hanya akan terjadi di Kecamatan Kendawangan, Manis Mata, Air Upas, Singkup, Simpang Hulu, Simpang Dua dan Sungai Laur.

"Diperkirakan akan meluas ke Pemahan, Tumbang Titi dan Nanga Tayap," katanya. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini