Bupati Ketapang Launching Desa Bersinar di Desa Tebing Berseri

Editor: Redaksi author photo
Bupati Ketapang Martin Rantan bersama jajaran SKPD dan pemerintah Desa Tebing Berseri Kecamatan Jelai Hulu saat meluncurkan 'Desa Bersinar' 
Jelai Hulu (Suara Ketapang) - Bupati Ketapang Martin Rantan bersama rombongan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) melaunching  'Desa Bersinar' di Desa Tebing Berseri  Kecamatan Jelai Hulu, Minggu (13/10/2019) malam.

Bupati yang hadir pada kesempatan memberikan penekanan tombol Desa Bersinar secara simbolis kepada Kepala Desa Tebing Berseri Bambang Irawanto, hal ini sebagai bentuk apresiasi  kepada Kepala Desa yang berhasil meningkatkan kemajuan Desa.

"Ini tidak mudah, jadi ada 5 Desa yang menjadi percontohan, termasuklah Desa Tebing Berseri ini, "Kata  Martin Rantan saat memberikan sambutan launching Desa Bersinar di hadapan ratusan masyarakat Desa Tebing Berseri.

Diakui Martin, tim penilai untuk menetapkan Desa Bersinar ini mencakup beberapa SKPD. Di desa tersebut Pemda Ketapang telah membangun empat titik lampu solar cell yang ditempatkan dibeberapa titik.

"Ada empat titik yang sudah dipasang dan bisa difungsikan, nanti melalui dana desa bisa ditambah, tinggal kordinasi ke Pemdes saja, biar sesuai aturan dan legal," pesan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Ketapang tersebut.

Martin mengatakan pihak desa harus bisa berinovatif dalam membangun desa, khususnya dalam memberikan lampu penerangan. Karena jika hanya berpangku tangan ke PLN maka agak sulit. Sebab desa yang jauh dari pusat kota menjadi kendala pihak PLN untuk dapat memasang tiang - tiang listrik PLN.

"PLN ini kan Badan Usaha Milik Negara jadi ada hitung -hitungannya. Saya buka saja, kalau desa yang jauh mereka (PLN) mengaku merugi, terlebih konsumennya sedikit, itulah yang menjadi kendalanya," ungkapnya.

Selain memperindah lingkungan desa, lanjut Martin, keberadaan lampu jalan yang menggunakan Solar Cell ini diharapkan dapat menambah aktivitas masyarakat dimalam hari, dan dapat menghindari tindakan, ataupun niat kejahatan di malam hari. (Ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini