Pemkab Ketapang Gelar Rapat Pengawasan Daerah dan Pemutakhiran Data TLHP APIP

Editor: Redaksi author photo
Pemberian cenderamata, disela-sela acara rapat gelar pengawasan daerah dan pemutakhiran dan tindak lanjut hasil pengawasan Aparatur Pengawas Internal Pemerintah tingkat Kabupaten Ketapang tahun 2019 
Ketapang (Suara Ketapang) - Pemkab Kabupaten Ketapang menggelar rapat gelar pengawasan daerah dan pemutakhiran data Tindak Lanjut Hasil Pengawasan (TLHP)  Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP) tingkat Kabupaten Ketapang tahun 2019, Rabu (16/10/2019).

Selain dihadiri jajaran Pemkab Ketapang mulai dari tingkat desa hingga kabupaten, kegiatan yang berlangsung di Hotel Borneo tersebut juga  dihadiri Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia Koordinator Wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Pada sambutannya Bupati Ketapang Martin Rantan mengatakan kegiatan tersebut guna mengevaluasi hasil pengawasan dan menginventarisasi hambatan serta merumuskan langkah perbaikan yang dianggap perlu dalam penguatan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah.

"Keberhasilan suatu pengawasan bukan dilihat dari seberapa banyak rekomendasi yang telah diberikan oleh APIP, namun seberapa efektif rekomendasi tersebut ditindaklanjuti dan memberikan perbaikan pada organisasi pemerintah daerah," katanya.

"Dampak yang ingin diraih dari kegiatan ini adalah terbangunnya persepsi yang sama dari para pemangku kepentingan untuk secara terus menerus meningkatkan komitmen dalam penyelesaian tindak lanjut hasil pengawasan (TLHP) dan perbaikan tata kelola pemerintah daerah," sambungnya.

Menurut Martin, rapat gelar pengawasan ini bertujuan mengevaluasi sejauh mana keberhasilan pemerintah daerah dalam memenuhi rekomendasi hasil pemeriksaan.

"Kegiatan tindak lanjut hasil pengawasan merupakan tolok ukur dari rangkaian kegiatan pengawasan. Pengawasan tidak akan efektif manakala tindak lanjut hasil pengawasan tidak terlaksana dengan baik, benar, konsekuen dan bertanggung jawab," ujarnya.

Martin menambahkan, penguatan peran APIP baik secara kwantitas maupun kwalitas akan sangat berpengaruh secara signifikan dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik terutama di Kabupaten Ketapang.

Orang nomor satu di Kabupaten Ketapang itu berharap hasil seminar mampu memberikan sumbang saran yang konstruktif dalam menciptakan terwujudnya transparansi tata kelola pemerintahan daerah dan transparansi dana desa menuju desa mandiri di Kabupaten Ketapang. (Ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini