Wabub Buka Lomba Hari Santri Nasional Ke V Kabupaten Ketapang

Editor: Agustiandi author photo
Wakil Bupati Ketapang Suprapto S saat memukul gong tanda dimulainya perlombaan hari santri nasional ke V Kabupaten Ketapang 
Ketapang (Suara Ketapang) - Wakil Bupati (Wabub) Kabupaten Ketapang Suprapto S resmi membuka Hari Santri Nasional ke V tahun 2019, di Citymall Ketapang, Selasa (15/10/2019).

Dengan pemukulan gong,  Suprapto S resmi membuka perlombaan hari santri, diantaranya lomba Syarhil Qur'an, lomba pidato hari santri, marawis dan lomba syair gulung.

Pada kesempatan tersebut Suparto S menyatakan peringatan hari santri nasional ditetapkan untuk diselenggarakan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan pemerintah kepada ulama dan santri yang telah berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan negara Republik Indonesia.

"Kita ketahui, bahwa sejarah telah mencatat peran besar para ulama dan santri pada masa perjuangan kemerdekaan dalam menjaga Pancasila, UUD 1945 dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

"Oleh karena itu, saya ingin mengingatkan kepada kita semua pesan bung karno bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai jasa para pahlawan mari kita hargai dan kita dukung para santri," sambungnya.

Kepada para santri lanjut Suprapto,  jangan berkecil hati kalian hidup sederhana Dipondok-pondok. berbanggalah kalian menjadi seorang santri, kerena santri adalah orang yang luar biasa.

"Kenapa tidak, kalau di sekolah formal seorang murid hanya dituntut menguasai ilmu pengetahun umum saja, tetapi santri selain harus menguasai ilmu pengetahuan umum juga dituntut menguasai ilmu agama," ujarnya.

Suprapto S  mengajak umat beragama khususnya para ulama dan tokoh masyarakat bersama-sama pemerintah untuk bahu membahu membangun kehidupan umat beragama. 

Ia berharap peran pemuka agama dan tokoh masyarakat sangat penting untuk membimbing umatnya melaksanakan ajaran agama, sehingga dapat menciptakan kesejukan dan kedamaian dalam membangun berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Sekali lagi saya mengharapkan agar kita bersikap arif dan bijaksana dalam mengatasi permasalahan dan tantangan sesuai perkembangan masyarakat dan lebih  bersikap pro-aktif," imbuhnya.

"Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan dalam diri kita sebagai bentuk pencerminan umat beragama yang menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual moral dan etik," sambungnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang, Suprapto S  mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginyak kepada panitia Hari Santri Nasional ke V tahun 2019 Kabupaten Ketapang yang pada hari ini melaksanakan kegiatan lomba untuk para santri. (Ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini