Bupati Hadiri Musbar Ikatan Keluarga Besar Kerajaan Matan Tanjung Pura Ke-V

Editor: Agustiandi author photo
foto bersama 
Ketapang (Suara Ketapang)  - Bupati Ketapang Martin Rantan menghadiri acara pembukaan Musyawarah Besar Ikatan Keluarga Besar Kerajaan Matan Tanjungpura ke-V yang diselenggarakan di Keraton Matan Tanjungpura Muliakerta, Sabtu (23/11/2019).

Pada kesempatan tersebut Martin rantan menyampaikan bahwa Kerajaan Matan Tanjungpura merupakan salah satu warisan peradaban leluhur yang harus selalu dijaga dan dirawat agar tidak punah ditelan kemajuan zaman.

“Oleh karena itu, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama, terutama bagi pengurus Ikatan Keluarga Besar Kerajaan Matan Tanjungpura untuk terus berusaha mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai luhur yang ada di kerajaan ini sebagai bagian dari kekayaan khasanah budaya bangsa,” katanya.

Sebagai Kepala Daerah ia pun berharap agar para pengurus Ikramat mampu berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan di daerah Kabupaten Ketapang . Para pengurus Ikramat harus mampu menjadi perekat dan sekaligus sebagai pelopor dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kita semua harus menyadari bahwa meskipun kita berbeda agama, suku, adat, dan tradisi, namun kita harus tetap saling hormat menghormati dan saling menghargai satu sama lainnya, karena perbedaan itu merupakan suatu keniscayaan sebagai anugerah dari Tuhan yang maha kuasa. perbedaan jangan dipandang sebagai sebuah kelemahan, melainkan justru harus kita jadikan sebagai modal kekuatan dalam mencapai cita-cita bersama, sehingga terwujudnya masyarakat Kabupaten Ketapang yang aman, damai, dan sejahtera." Tegas Martin.

Martin Rantan menambahkan bahwa kemajuan di bidang teknologi dan informasi harus diimbangi pula dengan upaya untuk mempertahankan kearifan lokal. Sebab jika tidak, maka secara perlahan-lahan kearifan lokal akan menjadi punah oleh kemajuan zaman. Dalam kaitan ini, Pemerintah Kabupaten Ketapang terus berupaya melakukan pembinaan terhadap organisasi sosial kemasyarakatan dengan memberikan dukungan untuk terus tumbuh dan berkembang sesuai dengan bidang dan tugasnya masing-masing.

Dikatakan Martin pemerintahan Kabupaten Ketapang melalui APBD akan anggarkan pembinaan Ikkramat dan perawatan dan pemeliharaan Keraton Matan Tanjungpura.

"Saya ucapkan selamat melaksanakan musyawarah besar ikramat ke-v. mudah-mudahan melalui mubes kali ini akan dapat menghasilkan keputusan-keputusan strategis, mampu menyusun program kerja yang lebih baik, serta terpilih kepengurusan yang solid dan mampu menjalankan organisasi menuju pada kemajuan dan kesejahteraan bersama,” ujarnya.

Dalam acara tersebut hadir juga Dandim 1203 Ketapang, Forkopimda. Ketua dan pengurus Ikatan Keluarga Besar Kerajaan Matan Tanjungpura, Pemuka agama, Tokoh masyarakat dan Tokoh adat Kabupaten Ketapang, Panitia, Para undangan dan Peserta mubes. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini