Ketua PKK Ketapang Lantik 20 PKK Kecamatan

Editor: Agustiandi author photo
Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Elysabt Betty Martin melantik 20 Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Se-Kabupaten Ketapang.
Ketapang (Suara Ketapang) - Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Elysabt Betty Martin melantik 20 Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Se-Kabupaten Ketapang.

Usai melantik Ketua TP PKK Ny Leysabet Bety Martin menyerahkan Surat Keputusan dan menyematkan lencana PKK secara simbolis kepada Ketua TP PKK Kecamatan Manis Mata, Simpang Dua, dan Jelai Hulu.

Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Bupati Ketapang, pada Senin (18/11/2019) dihadiri Bupati Martin Rantan, Kepala SKPD dan para Camat se-Ketapang.

Ketua TP PKK, Ny Elysabt Bety Martin mengatakan dalam memenuhi kebutuhan dasar terwujudnya kesejahteraan keluarga hal ini telah diatur dalam Permendagri nomor 1 tahun 2013 tentang pemberdayaan masyarakat melalui gerakan PKK.‎

Ia berharap dengan adanya dengan adanya Permendagri tersebut lembaga PKK secara tegas telah diatur Pembinaan dan pengawasan dari tingkat pusat sampai ditingkat desa, sedangkan dari sisi penganggarannya bersumber dari APBN, APBD dan APBdes dalam setiap pembahasan tim PKK disetiap jenjang di libatkan setiap pelaksanaan musrenbang dan usulan kegiatannya menjadi masukan dalam pembahasan anggaran.

“‎Sebagai penggerak tim PKK Kecamatan dengan tugas utama menggerakan ibu-ibu agar mampu berpartisipasi dalam gerakan PKK,”  kata Elysabet Bety Martin.

Dia berharap Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan tidak bekerja sendiri, akan tetapi selalu berbagi tugas bersama serta anggota pengurus lainnya.

“S‎aya mengharapkan kepada Ketua TP-PKK Kecamatan serta pengurusnya dapat bekerjasama dan memahami tugas dan fungsinya,” tegasnya.

Selain itu, ia mengimbau tim PKK Kecamatan melalui kegiatan empat program pokoknya, hendaknya perlu meningkatkan jumlah dan mutu kader-kader yang ada di kelompok PKK digalakan kembali kegiatan PKK seperti Posyandu kegiatan keagamaan gotong-‎royong yang dimulai dari kelompok dasa wisma.

“‎Kembangkan koordinasi dengan instansi terkait galakan dan sosialisasikan prograk PKK agar lebih dipahami oleh masyarakat PKK Kecamatan sebagai mitra Pemerintah guna terlaksananya 10 program pokok PKK di Kecamatan,” harapnya.

Ia menambahkan kepada camat sebagai ketua pembina di Kecamatan agar dapat memberikan bantuan kepada Tim Penggerak PKK Kecamatan. Agar tim penggerak PKK Kecamatan dapat melaksanakan tugas dan fungsinya.

Sementara itu Bupati Ketapang, Martin Rantan, mengarahkan‎ Ketua Tim PKK yang merupakan sebagai isteri camat guna melaksanakan 10 program pokok PKK di Kecamatan dalam memenuhi kebutuhan dasar untuk terwujudnya kesejahteraan keluarga.‎

Martin mengatakan dalam melaksanan tugas sebagai ketua PKK di Kecamatan meskipun tidak sepenuhnya bisa berada di tempat supaya program PKK tetap berjalan. M‎aka Ketua TP-PKK di Kecamatan dapat mendelegasikan tugas kepada pengurus di Kecamatan supaya proses pelaksanaan tugas bisa berjalan dengan baik.
Hal itu seperti dicontohkannya seperti dirinya yang menggerakkan pemerintahan kabupaten tidak pernah berhenti meskipun berada di Kecamatan, atau di luar daerah.

“Karena saya mendelegasikan tugas kepada pejabat-pejabat yang ada. ‎Saya juga berharap di kecamatan-kecamatan hal tersebut terjadi hal yang sama jika ketua PKK tidak berada di Kecamatan supaya menunjuk pengurus untuk tetap melaksanakan kegiatan program PKK,” ujar Martin.

Selanjutnya, menurutnya tugas pemerintah secara berjenjang tugas ketua Tim PKK Kecamatan melaksanakan pembinaan ke desa-desa dalam pemberdayaan masyarakat.

“‎Kita membangun daerah ini dari kabupaten, kecamatan, dan desa tidak hanya membangun secara fisik, seperti jalan jembatan kantor dan sebagainya tetapi kita membangun manusia seutuhnya atau sumber daya manusia,” terangnya.

Ia menyebutkan pembangunan sumber daya manusia melalui PKK dalam bentuk-bentuk atau kegiatan kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan. (Ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini