Martin : Bangunan Makam Tanjungpura akan Kita Bangun dan Besarkan

Editor: Agustiandi author photo
Bupati Ketapang Martin Rantan yang didampingi Anggota DPRD Uti Royden Top dan jajaran OPD Kabupaten Ketapang berfoto bersama saat kunjungan ke makam Tanjungpura, Jum'at (31/1/2020). 
Muara Pawan (Suara Ketapang) - Guna merawat situs sejarah dan memberikan kenyamanan bagi pengunjung, Pemerintah Kabupaten Ketapang akan merenovasi Makam Tanjungpura dengan sejumlah fasilitas.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ketapang Martin Rantan saat mengunjungi makam raja-raja Tanjungpura, Jumat (31/1/2020).

“Bangunan makam Raja Tanjungpura ini akan kita bangun dan dibesarkan, jalan masuk akan kita rabat beton, tetapi kalau mau semua tidak cukup, ini hanya untuk menyamankan pengunjung dan juga akan kita adakan syukuran dan ziarah akbar nanti," ujar Marin Rantan yang didampingi anggota DPRD Uti Royden Top. 

Situs sejarah kerajaan tertua di Kalimantan Barat yang sudah ada sejak abad ke-8 tersebut akan dilakukan renovasi dibeberapa bangunan seperti akses jalan masuk, serta pagar pembatas, penerangan di sekitar kompleks makam.

Kunjungan orang nomor satu di Kabupaten Ketapang di makam Tanjungpura itupun disambut antusias masyarakat. Kedatangan Bupati Martin Rantan beserta jajaran disambut Kepala desa Tanjungpura, Korniawan, Juru Kunci Taman Khalwat Sapujagat Tanjungpura, H Astraliun Tokoh Masyarakat H Marwan, serta warga desa Tanjungpura.

Puluhan warga yang hadir juga berkenan mengantar Bupati Martin dan rombongan melihat beberapa lokasi peninggalan Kerajaan Tanjungpura, seperti Pelabuhan Penambatan Kapal, Kolam Pemandian putri Kerajaan.

Tak jauh dari lokasi Makam Raja Raja Tanjungpura Bupati Martin Rantan juga diantar Kepala desa bersama warga untuk mengunjungi  tempat yang sangat disakralkan warga setempat yakni Taman Khalwat Saput Jagat, degan sumur yang airnya dikeramatkan warga yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Setelah melihat dan sejenak Bupati bersama Kepala Desa tokoh masyarakat memanjatkan doa kepada Tuhan yang Maha Esa, agar selalu diberikan kemudahan kesehatan dalam memimpin Kabupaten Ketapang.

Kunjungan Bupati Martin Rantan ke sisa peradaban Kerajaan Tanjungpura yang telah mengalami beberapa kali perpindahan ibu kota Kerajaan, ini menjadi bukti bahwa peradaban negeri Tanah bertuah ini sudah cukup maju pada masa lampau. (Ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini