Ritual Bakar Naga Tandai Akhir Perayaan Cap Go Meh 2020 di Ketapang

Editor: Agustiandi author photo
Dua ekor replika naga dibakar di areal Pemakaman Paya Kumang, Minggu sore (9/2/2020) 
Ketapang (Suara Ketapang) - Panitia Cap Go Meh 2020 menggelar prosesi ritual tutup mata naga di Kelenteng Tua Pek Kong Ketapang, Minggu Sore (9/2/2020).

Setelah ritual tutup mata di Kelenteng Tua Pek Kong di Jalan Merdeka Ketapang, Panitia Cap Go Meh 2020 membawa dua ekor replika naga ke areal Pemakaman Paya Kumang Kecamatan Delta Pawan.

Sebelum dibakar, dua ekor replika naga tersebut beratraksi di areal lokasi pemakaman. Atraksi replika naga yang  terkahir kali pada perayaaan cap go meh 2020  ini pun ditonton ratusan warga yang sebelumnya sudah berkumpul di lokasi areal Pemakaman Paya Kumang.

Berdasarkan kepercayaan entis Tionghoa, ritual bakar naga itu dimaksudkan untuk mengembalikan roh yang ada di replika naga ke  kayangan. Ritual itu juga menandai perayaaan imlek dan cap go meh 2020 usai.

"Awalnya pada waktu buka mata naga, roh dimasukkan ke replika naga, setalah perayaan cap go meh selesai kita adakan ritual bakar naga guna mengembalikan roh ke kayangan," kata Wakil Ketua Panita Imlek Dan Cap Go Meh 2020 Ketapang Susilo Aheng.

Prosesi bakar naga tersebut pun menjadi akhir dari rangkaian perayaaan Imlek Dan Cap Go Meh tahun ini.  Akhir dari rangkain perayaan Cap Go Meh tahun ini membawa harapan kehidupan dan rezeki yang lebih baik. (Ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini