Ini Agenda Puncak HUT Ketapang Besok

Editor: Redaksi author photo
Gladi resik pucak perayaan HUT Ketapang  dipantau langsung  Staf Ahli Bupati Edy Junaidi bersama Dinas Intansi terkait seperti Dinas Budpar, Kesbang Linmas, serta Bagian Umum Humpro Setda ketapang di halaman kantor Bupati Ketapang, Selasa (10/3/2020).
Ketapang (Suara Ketapang) - Besok 11 Maret 2020 merupakan puncak Hari Ulang Tahun Ketapang yang ke 602.

Pemerintah Kabupaten Ketapang telah menyiapkan sejumlah agenda guna memeriahkan HUT yang bertemakan tingkatkan kualitas pelayanan publik, bangun kebersamaan dalam keberagaman dan wujudkan Ketapang yang maju menuju masyarakat sejahtera itu.
Puncak peringatan akan dilangsungkan Upacara peringatan hari Jadi Ketapang  yang akan dipimpin langsung Bupati Martin Rantan, di halaman Kantor Bupati Ketapang, pada Rabu (11/3/2020) pagi.

Sebelum pelaksanaan upacara akan dilakukan display budaya dengan parade keberagaman etnis suku dan budaya di yang ada Kabupaten Ketapang, kemudian dalam kesempatan tersebut juga menyanyikan lagu mars Ketapang, dilanjutkan dengan pasukan pembawa Lambang daerah Ketapang.

Usai upacara peserta yang hadir disuguhi acara tambahan yakni berupa lagu khas Ketapang Tarian Tidayu, Syair begulubng serta senam tarian massal tanah kayong dengan penari sebanyak 700 orang, yang merupakan partisipasi warga Kabupaten Ketapang.
Rangkaian kegiatan dilanjutkan kembali pada malam ramah tamah di Taman budaya Pendopo Bupati Ketapang, dengan acara pertunjukkan tari seni dan lagu, untuk para pengunjung telah disediakan gerobak gerobak makanan gratis dari organisasi perangkat daerah Ketapang (OPD).  

Pelaksanaan hari jadi Ketapang telah ditetapkan dengan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Penetapan Hari Jadi Kota Ketapang yang jatuh pada 11 Maret 1418 M.


Mantan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ketapang, Yudo Sudarto Penetapan Hari Jadi Kota Ketapang ini, didasarkan pada prasasti nisan makam Keramat Sembilan yang terdapat di Desa Negeri Baru, Kecamatan Benua Kayong yang bertarikh pada tahun 1340 saka atau 1418 Masehi, yang merupakan prasasti sejarah tertua yang di temukan di Kalimantan Barat.

Kemudian untuk menetapkan tanggal dan bulannya di dasarkan pada peristiwa pemindahan pusat Kerajaan Matan Tanjungpura ke Mulia Kerta pada tanggal 11 Maret 1875. Jadi, dengan digabungnya dua fakta tersebut, hari jadi Kota Ketapang ditetapkan pada tanggal 11 Maret 1418. Dengan demikian Kota Ketapang adalah Kota tertua yang ada di Kalimantan Barat ini. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini