DPRD Ketapang Pinta Kecamatan Muara Pawan Segara Bentuk Posko Covid-19

Editor: Redaksi author photo
Wakil Ketua dan Komisi IV DPRD Kabupaten Ketapang melakukan monitoring di Puskesmas Muara Pawan. Selain menyerap aspirasi terkait perlengkapan peralatan penanganan Covid-19 wakil rakyat Kabupaten Ketapang ini juga mengecek kesiapan pihak kecamatan dalam melakukan pencegahan dan memutus mata rantai Covid-19. (Foto : Acik Sa'ad)     
Muara Pawan (Suara Ketapang) – Anggota DPRD  Komisi IV bersama unsur pimpinan DPRD Kabupaten Ketapang meminta kecamatan Muara Pawan segera membentuk Posko Covid-19.

Permintaan itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ketapang H. Mathoji bersama Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Ketapang Achmad Soleh bersama rombongan saat meninjau Puskesmas Muara Pawan pada Jumat (17/04/2020) pagi.

“Kita tekankan kepada Pak Camat Muara Pawan untuk segara membentuk Posko Covid-19, karena kita tinjau tadi tidak ada posko Covid-19 di Puskesmas Muara Pawan, karena kita khawatir virus Covid-19 ini masih berkepanjangan, meksi kita tidak berharap berkepanjangan,” ujar Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ketapang Mathoji.

Pihak legislatif akan menyampaikan persoalan tersebut  kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Ketapang agar Posko Covid-19 di Muara Pawan segera dibentuk.

Sementara itu Camat Muara Pawan Maisier mengatakan meski belum membentuk posko Covid-19 namun pihaknya sudah melakukan upaya dalam mencegah dan memutus mata rantai Covid-19 sesuai dengan yang disarankan pemerintah kabupaten.

"Untuk pencegahan penyebaran wabah virus corona ini, kami sudah melakukan beberapa langkah kongkrit seperti, melakukan pengecekan Warga Negara Asing (WNA) di PT BSM yang berada di Sungai Awan, dan meminta peran kepala desa melaui RT masing-masing untuk melakukan pendataan warga yang baru datang dari luar daerah agar dapat melaporkan diri ke puskesmas untuk diperiksa kesehatannya," ujarnya.

Ia menjelaskan, yang menjadi kendala pihaknya saat ini Pelayanan kesehatan hanya melalui lintas sektoral karna belum terbentuknya posko.

"Pelayanan kesehatan hanya melalui lintas sektoral karna belum terbentuknya posko,tapi dalam waktu cepat kami akan segera membuat posko," katanya. 

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Ketapang Achmad Soleh mengatakan, dari hasil peninjauan dan monitoring pada 14 kecamatan yang ada di Ketapang yang pihaknya lakukan sejak tiga hari lalu, rata-rata upaya yang dilakukan posko kesehatan setiap kecamatan dapat dikategorikan baik.

“Kami dari DPRD, khususnya Komisi IV sudah melakukan beberapa kunjungan dan hari ini hari yang ke empat, jadi kita mengambil kesimpulan semua yang diarahkan oleh pemerintah sudah berjalan dengan baik, dengan memenuhi prosedur, kami juga juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Ketapang yang dinilai cepat tanggap.” paparnya.


“Pemda juga membangun rumah singgah pasien Covid-19 yang berada di Jalan Lingkar Kota, ini bukti keseriusan kami baik eksekutif maupun legislatif dalam mendukung dalam upaya  memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini