Lagi, Satu Orang PDP Covid-19 di RSUD Agoesdjam Meninggal Dunia

Editor: Redaksi author photo
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Ketapang Rustami (Foto : Acik Sa'ad) 
Ketapang (Suara Ketapang) - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Ketapang Rustami  menyampaikan berita duka terkait meninggalnya seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di RSUD Agoesdjam Ketapang.

"Pasien meninggal Senin (27/4/2020) sekitar pukul 21.27 WIB dengan diagnosa gagal jantung dan penurunan fungsi organ, namun untuk memastikan apakah positif atau negatif (Covid-19) tetap harus menunggu hasil swab, meskipun hasil rapid testnya non reaktif,” papar Rustami, Selasa (28/4/2020).

Rustami menjelaskan, pasien laki-laki yang berusia 44 tahun tersebut merupakan rujukan dari Ramah Sakit Fatima. Almarhum sebelumnya mengidap sakit paru-paru dan mengalami sesak sehingga dirujuk ke RSUD Agoesdjam Ketapang untuk kemudian dilakukan penanganan dan ditetapkan sebagai PDP. Hingga kini tim medis masih menunggu hasil swab pasien yang meninggal dunia tersebut.

“Untuk memastikan apakah positif atau negatif kita menunggu hasil swab almarhum yang telah dikirim,” ujarnya.

Sesuai catatan Posko Covid-19 Kabupaten Ketapang, hingga 28 April 2020, total PDP yang meninggal menjadi tiga orang, satu orang yang pertama meninggal tidak sempat dilakukan tes, kemudian PDP kedua berinisial Y hasil tesnya negatif dan PDP ketiga tinggal menunggu hasil swabnya.

Rustami menambahkan, perkembangan saat ini untuk pasien positif Covid-19 hingga Selasa (28/4) tidak ada penambahan sehingga total masih 11 orang, sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terdapat penambahan sebanyak tiga orang sehingga total PDP menjadi 35 orang sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) bertambah 62 orang sehingga total ODP menjadi 945 orang.

“Untuk pasien positif (Covid-19) kondisinya dalam keadaan sehat dan tidak ada gejala dan terus dalam pemantauan tim medis," sebutnya.

Rustami mengaku, pihaknya telah menyusun waktu pelaksanaan screning virus Covid-19 melalui rapid test terhadap ODP, PDP dan populasi beresiko di Kabupaten Ketapang. Besok Rabu (29/4) Rapit test akan dilaksanakan di Kelurahan Kauman dan Pasar Senggol Desa Baru yang pemeriksaan rapid test dilakukan di Laboratorium kesehatan daerah.

“Tim pelaksanaan screning sendiri terdiri dari Dinkes, Puskesmas, Labkesda Ketapang, TNI, Polri, BPBD, Humpro kemudian Kelurahan Desa dan RT setempat,” pungkasnya. (Ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini