Pastikan Posko Covid-19 Berjalan Lancar, DPRD Ketapang Lakukan Monitoring

Editor: Redaksi author photo
Ketua DPRD Kabupaten Ketapang M. Febriadi bersama Komisi IV melakukan peninjauan Posko Covid-19 di Kandawangan guna memastikan fungsi posko berjalan lancar. (Foto : Ist)
Kendawangan (Suara Ketapang) - Ketua DPRD Kabupaten Ketapang, M. Febriadi bersama Wakil Ketua dan Anggota Komisi IV DPRD melakukan monitoring pelaksanaan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Kendawangan, Rabu (15/4/2020).

Rombongan DPRD meninjau langsung kesiapan Posko Covid-19 dan Puskesmas Kendawangan. Sebelumnya, juga dilaksanakan dialog bersama Camat, Kapolsek dan Danramil Kendawangan.

Ketua DPRD Ketapang, M. Febriadi mengatakan, monitoring ke setiap Kecamatan di Ketapang merupakan agenda DPRD pada April 2020. Seluruh Komisi DPRD telah melakukan kegiatan serupa sesuai jadwal dan tujuan masing-masing.

"Hari ini seluruh Komisi di DPRD menyebar turun ke Kecamatan untuk monitoring. Khusus Kendawangan, berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah adalah jadwal Ketua dan anggota Komisi IV DPRD," kata M Febriadi.

Legislator Partai Golkar tersebut mengatakan, monitoring ke Kecamatan bertujuan untuk memastikan kesiapan Posko Covid-19 berjalan lancar. Kemudian menyerap berbagai informasi dan masukan, terutama tentang apa saja kendala dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kita ingin memastikan bahwa pencegahan Covid-19 di Kecamatan berjalan maksimal. Nanti setelah monitoring selesai, kami akan rapatkan kembali di DPRD mengenai hasil monitoring di setiap Kecamatan," jelasnya.

Untuk Kendawangan sendiri, dia menilai pencegahan penyebaran Covid-19 sudah maksimal. Bahkan terbilang cukup ketat dalam proses pengawasan keluar masuknya masyarakat, karenanya perlu diapresiasi.

"Di Kendawangan memang harus ketat, sebab Kecamatan ini juga menjadi salah satu pintu masuk orang luar daerah. Dimana daratannya berbatasan dengan Kalteng, dan memiliki pelabuhan sandar cukup besar," ungkap Sekretaris DPD Golkar Ketapang itu.

Sementara, Ketua Komisi IV, Achmad Sholeh menambahkan, berhubung Kendawangan merupakan pintu masuk ke Kabupaten Ketapang, maka diperlukan penanganan khusus. Bila perlu lebih diperketat pengawasan masyarakat yang masuk.

"Kita DPRD mendorong dan terus bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Saat ini, apa yang dilakukan Posko Covid-19 Kendawangan sudah maksimal, diperbatasan Kecamatan saja ketika kita masuk harus diperiksa dulu, artinya itu bentuk keseriusan dan patut diapresiasi," tutur Sholeh.

Ia berharap, upaya pencegahan juga harus dilaksanakan setiap Desa bahkan RT. Pemerintah Daerah, kata dia sudah mengeluarkan intruksi untuk mendata setiap warganya yang keluar masuk.

"Namun yang terpenting adalah, masyarakat dapat mengikuti anjuran pemerintah. Dengan peran serta dari masyarakat, saya yakin wabah Covid-19 akan berakhir," pungkasnya. (Ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini