AJK Kembali Bagikan Ratusan Masker Kain

Editor: Agustiandi author photo
anggota AJK tengah membagikan masker kain kepada pedagang takjil
Ketapang (Suara Ketapang) - Menyikapi meningkatnya aktivitas masyarakat menjelang lebaran Idulfitri seperti di pasar serta pusat perbelanjaan di Kota Ketapang serta imbauan untuk selalu menerapkan pembatasan jarak fisik dan mengenakan masker, masih banyak diabaikan.

Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK) kembali melakukan pembagian masker. Sebanyak 500 lembar masker kain dibagikan kepada masyarakat, khususnya yang tidak mengenakan masker di tempat keramaian. Pembagian masker tersebut dilakukan pada Selasa (19/5/2020) sore di seputaran Kota Ketapang.

Ketua AJK Ketapang, Theo Bernadhi, mengatakan pembagian masker ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang tidak memiliki masker, khususnya masker kain. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengingatkan masyarakat agar selalu mengenakan masker di saat melakukan aktivitas di luar rumah.

"Karena masih banyak yang tidan mengenakan masker saat keluar rumah atau berbelanja, tidak tahu apakah mereka tidak punya atau tidak mau menggunakannya. Intinya kita membantu bagi yang tidak punya dan mengingatkan agar senantiasa menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah," katanya, Selasa sore.

Theo menjelaskan, saat ini Ketapang ditetapkan sebagai zona merah penyebaran Covid-19 Di Kalbar. Terdapat 12 pasien positif Covid-19 di Ketapang. Bahkan dua kecamatan di Ketapang juga ditetapkan sebagai zona merah yaitu, Delta Pawan dan Benua Kayong. Sementara itu, namun dari pantauan aktivitas masyarakat di dua kecamatan tersebut terus meningkat menjelang Idulfitri.

Theo menilai, menjaga diri agar tetap sehat dan terhindar dari hal-hal buruk adalah tanggung jawab masing-masing. Namun demikian, masyarakat tidak bisa mengabaikan begitu saja imbauan yang telah ditetapkan untuk kebaikan bersama.

"Memang belum ada larangan untuk keluar rumah, akan tetapi agar tidak menyebabkan hal-hal buruk, akan tetapi untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan ditengah Pandemi Covid-19 maka sudah seharusnya kita menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ajaknya.

Theo menambahkan, pembagian masker ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan oleh AJK. Hal tersebut dilakukan untuk membantu dan menyadarkan masyarakat betapa pentingnya menggunakan masker sebagai satu diantara upaya memutus matarantai penyebaran Covid-19.

"Selain meminta seluruh masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan, kita juga minta Pemda melalui instansi terkait untuk rutin memberikan edukasi dan melakukan penindakan sesuai aturan yang ada,” pungasnya. 

Semantara itu Ketua RT 01 Kelurahan Kantor Kecamatan Delta Pawan menyambut baik aksi sosial yang dilakukan para jurnalis yang bertugas di Kabupaten  Ketapang tersebut. Ia pun berharap agar pademi Covid-19 segara berakhir.

“Alhamdulillah terima kasih teman-teman wartawan, wartawan juga jaga kesehatan, mudah-mudahan pandemi Covid-19 segara berakhir di dunia dan di Ketapang,” ucapnya. (Ndi).


Share:
Komentar

Berita Terkini