Martin Rantan Lantik Kades Suka Mulya

Editor: Redaksi author photo

Bupati Ketapang Martin Rantan resmi melantik dan mengambil sumpah Kepala Desa Suka Mulya Kecamatan Sungai Melayu Rayak, Sabtu (9/8/2020)
Sungai Melayu (Suara Ketapang) - Bupati Ketapang Martin Rantan resmi melantik dan mengambil sumpah Kepala Desa Suka Mulya Kecamatan Sungai Melayu Rayak, Sabtu (9/8/2020). Kades tersebut merupakan hasil pemilihan kepala desa antar waktu yang akan menjabat hingga tahun 2022 mendatang.

Martin Rantan menekankan, setelah seremonial pelantikan, kades yang baru saja dilantik harus segera bekerja, sesuai dengan tugas dan wewenang yang diamanahkan.

"Jalin kerjasama yang baik dengan perangkat yang sudah ada di desa dan lakukan pembagian tugas sesuai tugas dan fungsi masing-masing perangkat," kata Martin.

Pada kesempatan itu, Martin juga menegaskan, dalam melaksanakan tugas, kades harus mengedepankan  transparansi dan akuntabel. Sinergitas juga harus terjaga dengan baik dengan  DPD dan lembaga kemasyarakatan di desa sehingga dapat memberikan kontribusi yang positif untuk kesejahteraan masyarakat desa.

"Kepala desa harus senantiasa meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawab. serta memimpin dan mengelola keuangan desa dengan sebaik-baiknya," pinta Martin.

Ia juga menekankan agar kepala desa harus bisa menjaga dan menjalankan dengan naik semua amanah yang diemban. Kades harus patuh aturan dan menghindari perbuatan yang melanggar norma agama kesusilaan keagamaan serta normal hukum yang berlaku. Kades dituntut dapat menjadi pigur yang baik bagi masyarakat.

"Kades juga harus mempercepat langkah untuk menyusun rancangan peraturan daerah tentang rencana kerja pemerintah desa tahun anggaran 2021, perdes harus dibahas dengan DPD" ujarnya.

"Saya ingatkan, dana desa yang para kades kelola harus diarahkan untuk didapatkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat berupa peningkatan kualitas hidup, peningkatan kesejahteraan, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan publik termasuk diantaranya pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19," paparnya.

Martin menambahkan, jelang new normal, Kades dan seluruh unsur masyarakat diminta untuk tetap dapat produktif. Harus tetap menjalankan aktivitas ekonomi dan sosial. Namun tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Jelang dilaksanakan Pilkada serentak, saya minta kepada seluruh Kepala Desa, DPD dan unsur masyarakat yang ada di desa untuk senantiasa menjaga suasana harmonis dan kondusif yang saat ini terjaga baik sehingga Pilkada dapat berjalan lancar, aman dan terkendali," kata Martin.

Pada kesempatan itu, Martin juga meminta kepada seluruh masyarakat dan DPD untuk mendukung kepala desa Suka Mulya yang baru dilantik agar pemerintah desa dapat berjalan lancar. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini