Berdayakan UMKM Kayong, Cita Berikan Bantuan Modal Kerja

Editor: Redaksi author photo

Kelompok UMKM menunjukkan peralatan pembuatan kue dari CSR PT Cita Mineral Investindo, Tbk (CITA) Site Sandai. 
Kayong Utara (Suara Ketapang) - PT Cita Mineral Investindo, Tbk (CITA) Site Sandai kembali merealisasikan komitmen CSR (Corporate Social Responsibility) melalui kegiatan pemberian bantuan modal kerja kepada kelompok UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Dusun Matan Raya, Desa Matan Jaya, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara (22/11/2020). 


Bantuan yang diberikan antara lain peralatan pembuatan kue, seperti oven gas, blender, mixer, kuali, kompor gas, dan peralatan lainnya serta bahan baku pembuatan kue, seperti tepung terigu, telur, dan minyak goreng. UMKM di Desa Matan Jaya, merupakan salah satu usaha pendukung perekonomian keluarga bagi ibu-ibu yang berada di desa, terutama Dusun Matan Raya.


Kegiatan pemberian bantuan kelompok UMKM ini bertujuan untuk menambah semangat kelompok UMKM yang memang sebelumnya sudah melakukan usaha ini sejak lama. Kelompok UMKM, yang saat ini dibantu, terdiri dari 3 (tiga) anggota yang masing-masing memiliki kemampuan berbeda dalam mengelola berbagai jenis kue. Ada yang terampil membuat kue basah seperti, kue bolu, kue ulang tahun, ada yang mampu membuat keripik seperti keripik pisang, peyek, dsb serta ada pula yang terampil berbagai macam gorengan, seperti bakwan, pisang goreng, dan lain-lain.


Riski, selaku ketua kelompok UMKM mengungkapkan bahwa CITA telah berperan membantu mengembangkan perekonomian masyarakat, tidak hanya memberikan bantuan, namun juga memberikan pendampingan dan arahan, “Terima kasih kepada CITA yang telah membantu kami dalam menjalankan usaha UMKM, dengan adanya bantuan dari CITA, jenis produk kami akan semakin beragam, kami dapat membuat dan menjual bolu panggang, sebelumnya kami tidak memiliki oven gas, karena keterbatasan modal” ucap Riski.


Kelompok yang biasanya hanya menjual gorengan keliling kampung, saat ini sudah mampu berinovasi mengembangkan usahanya. Kemampuan yang dimiliki oleh ibu-ibu diimbangi dengan pemberian modal dari CITA sudah mendorong kelompok UMKM berkreasi dan menambah nilai jual produknya. Permintaan pasar yang dulu belum terpenuhi, saat ini sudah dapat terpenuhi. Selain memiliki kemampuan membuat kue, kelompok UMKM ini juga dibekali pembelajaran dengan pembukuan keuangan kelompok. Mereka belajar mengatur keuangan, seperti pemasukan dan pengeluaran, memutar modal, dan menyisihkan keuntungan untuk dana kelompok. Saat ini modal awal yang diberikan sudah dapat menghasilkan hal lain yang bermanfaat bagi kesinambungan usaha. Hal ini yang mendorong CITA bersemangat untuk semakin memberdayakan kelompok melalui program CSR.


Pemberdayaan yang dilakukan oleh CITA tidak hanya sebatas pemberian bantuan modal, namun juga pemberian dukungan berupa pendampingan kepada kelompok UMKM yang dibuktikan dengan monitoring rutin oleh tim CSR CITA. Bowo selaku Manager CSR CITA site Sandai mengungkapkan bantuan yang diberikan harapannya dapat dimanfaatkan dan dikembangkan oleh kelompok UMKM itu sendiri, jadi tidak hanya menjadi bantuan yang sia-sia. CITA berharap bantuan yang diberikan kepada Kelompok UMKM Ibu Riski mampu memotivasi kelompok UMKM lainnya untuk semakin berkreasi dan berinovasi mengembangkan usahanya serta komunitasnya. (R).

Share:
Komentar

Berita Terkini