Perkuat Keandalan Pasokan listrik, PLN Lakukan Pemeliharaan Mesin Pembangkit

Editor: Agustiandi author photo

PLN menurunkan 200 personel tenaga teknisi yang berkompeten guna memastikan pelaksanaan pemeliharaan berjalan cepat, efektif dan memenuhi standard keselamatan ketenagalistrikan.
Ketapang (Suara Ketapang) - Dalam rangka menjaga kontinuitas dan keandalan mesin pembangkit, PLN melakukan pemeliharaan berkala terhadap PLTU unit 1 Sukabangun.

Manager PLN UP3 Ketapang Sanggam Sinaga mengatakan, pemeliharaan tersebut akan berlangsung 15 Februari hingga 11 Maret 2021. 

Sanggam menjelaskan, pemeliharaan ini merupakan kelanjutan dari pemeliharaan PLTU Unit 2 yang sudah selesai dilaksanakan di pertengahan Januari 2021.

"Dengan pemeliharaan ini diharapkan kedua mesin pembangkit PLTU Sukabangun dapat beroperasi maksimal dalam melayani pasokan listrik di bulan Ramadhan dan Idul Fitri yang akan tiba beberapa waktu lagi," papar Sanggam, Minggu (14/2/2021).

Sanggam menerangkan, pemeliharaan tersebut akan berdampak pada menurunnya kapasitas pasokan listrik di Sistem Ketapang menjadi posisi siaga atau cenderung defisit terutama pada saat beban puncak malam hari pukul 17.30 WIB hingga 21.00 WIB sebesar 2 sampai 5 MW atau sekitar 15 persen beban listrik Kabupaten Ketapang.

Baca juga : Ini Kata Martin Rantan Jelang Pelantikan Dirinya Menjadi Bupati Ketapang 2 Periode

Dalam upaya percepatan  pelaksanaannya, PLN menurunkan 200 orang personil tenaga teknisi yang berkompeten guna memastikan pelaksanaan pemeliharaan berjalan cepat, efektif dan memenuhi standard keselamatan ketenagalistrikan. 

"Selain itu dalam upaya meminimalisir dampak adanya pemeliharaan ini, PLN akan memaksimalkan pengoperasian seluruh mesin yang ada termasuk mesin PLTU Unit 2 yang telah selesai dipelihara", imbuhnya.

Ia juga mengajak masyarakat Ketapang untuk dapat berpartisipasi dengan mematikan  peralatan listrik yang tidak diperlukan pada periode tersebut khususnya pada pukul 17.30 sampai pukul 20.30 WIB ,sehingga dampak pemadaman masyarakat umum dapat diminimalisir. 

Baca juga : Pemkab Ketapang akan Bangun Lumbung Pangan Baru di Area Teluk Keluang

"Atas nama Manajemen PLN UP3 Ketapang kami menghaturkan permohonan maaf atas ketidaknyamanan layanan yang telah kami berikan, mohon doa dan dukungannya sehingga pemeliharaan PLTU Unit 1 Sukabangun dapat berjalan dengan lancar sehingga di Bulan Ramadhan dan Idul fitri Pasokan listrik PLN dapat optimal melayani kebutuhan masyarakat," pungkasnya. (Ndi).

Share:
Komentar

Berita Terkini