Badan Wakaf Al-Qur'an Bagikan Mushaf Al-quran di Kelurahan Sampit

Editor: Redaksi author photo

Tim BWA Kecamatan Delta Pawan, Athar Rahman menyerahkan mushaf Al-Qur'an kepada Pengelolaan Surau Al-Kautsar, Salman. Surau ini berada di Jalan Gajah Mada Dalam tepi Sungai Pawan.
Ketapang (Suara Ketapang) - Siang hari bada sholat Jum'at (26/03) tim Badan Wakaf Al-Qur'an (BWA) bergerak untuk membagikan mushaf Al-quran disekitaran Kelurahan Sampit, Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang.

Tim BWA Kecamatan Delta Pawan, menyasar daerah tepi sungai pawan. Dengan mengendarai motor untuk menyalurkan Al-Qur'an kepada masjid surau, TPA dan guru ngaji.

Hari itu, tim menemui pak Salman, seorang pengelola surau Al-Kautsar. Dengan memakai kopiah hitam, baju muslim lengan panjang berwarna hijau muda, lengkap dengan sarung dan sorban yang diletakkan dibahu kiri. Beliau sebenarnya sudah nyampai ditangga rumahnya, akan tetapi kami punya niat untuk silaturahim beliau mempersilakan sebaiknya ke surau saja. 

Beliau memulai diskusinya dan menceritakan bahwa keberadaan surau ini sangat penting dikawasan tepi sungai pawan ini, yang mayoritas profesi masyarakat sebagai nelayan. 

"Surau ini satu-satunya akses yang paling dekat, dan jamaahnya pun ramai. Kami berencana untuk mengembangkan surau ini menjadi masjid," tuturnya

"Pengembangan masjid pun, sudah dibicarakan dengan kementerian agama karena kebutuhan banyaknya masyarakat muslim disini", tambahnya

Pak salman pun, berterima kasih dengan bantuan Alquran, karena selama ini belum ada bantuan dari pihak manapun. Alquran yang ada atas swadaya pengelola dan warga, tutupnya

Athar Rahman, selaku tim BWA Kecamatan Delta Pawan menyampaikan bahwa kedatangannya untuk menyampaikan mushaf Alquran beserta terjemahannya. Adalah amanah yang harus disalurkan segera, mengingat akan digunakan untuk syiar bulan ramadhan. 

sebelumnya, tim sudah menyalurkan ke lebih dari 50 lembaga yang terdiri dari pondok pesantren, masjid, surau, TPA/TPQ dan guru ngaji yang ada di kecamatan delta pawan. Yang melibatkan banyak pihak, remaja masjid Al-Ikhlas, aktivis pemuda muslim, guru ngaji dan yayasan as-shidiq.

"Namun karena jumlahnya terbatas, dan prinsipnya memprioritaskan pada akses dan kebutuhan diwilayah yang rawan akan pendidikan agama", tegasnya

BWA punya semangat tinggi, untuk menghimpun wakaf dan menyalurkannya. Punya komitmen tahun 2021, menyalurkan Alquran sebanyak satu juta mushaf seluruh Indonesia. Kalimantan Barat sendiri, sudah mendapat alokasi 40 ribu sampai saat ini. 

gerakan ini sangatlah bagus dalam pembinaan agama, dan berharap agar istiqomah untum kepentingan ummat dan berlanjut kedepannya", tutupnya (r)

Share:
Komentar

Berita Terkini