Mulai Besok Penerbangan Komersial di Ketapang Ditiadakan

Editor: Redaksi author photo

Calon penumpang menuju pintu masuk  pesawat di Bandara Rahadi Oesman Ketapang. 
Ketapang (Suara Ketapang) - Penerbangan komersial di Bandara Rahadi Oesman Ketapang ditiadakan mulai besok 6 Mei 2021. 

Peniadaan penerbangan tersebut merujuk pada aturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi selama masa Idul Fitri. 

Kepala Bandar Udara Rahadi Oesman Ketapang, Amran Hamid mengatakan, peraturan larangan mudik akan segera diberlakukan. Pihaknya pun meniadakan penerbangan komersial mulai 6-17 Mei 2021, baik dari Ketapang-Pontianak, Ketapang-Semarang maupun sebaliknya.

"Sesuai aturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi selama masa Idulfitri dalam rangka pencegahan Covid-19, pasal 1 ayat 2 larangan pengoperasian transportasi darat, laut dan udara. Ini berlaku 6-17 Mei 2021. Ini adalah dasar hukum untuk penghentian operasi pesawat," katanya beberapa waktu lalu.

Dia mengungkapkan, penerbangan pesawat komersial dilarang. Sementara penerbangan pesawat kargo tetap dibuka. 

"Bandara tidak ditutup, tapi secara operasional komersial itu dilarang, tapi untuk kargo tetap dibuka, akan tetapi pesawat kargo ini tidak berjadwal," ungkapnya.

Amran menambahkan, jika masyarakat ingin melakukan penerbangan dengan keperluan mendesak, maka bisa menggunakan pesawat carter. 

"Jika ada kondisi darurat seperti membawa orang sakit, bisa menggunakan sistem carter pesawat. Jadi, tidak ada penghentian penerbangan untuk semuanya, hanya diberhentikan untuk penerbangan komersial. Tidak hanya dari Ketapang, pesawat komersil menuju Ketapang juga ditiadakan," jelasnya.

Dia menegaskan, penerbangan komersial akan dibuka kembali setelah ada instruksi dari Kementerian Perhubungan.

 "Penerbangan bisa saja dibuka kembali di tanggal 18 Mei, namun bisa juga larangan ini diperpanjang. Kita lihat perkembangan nanti," pungkasnya. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini