BOR RS Rujukan Covid-19 di Ketapang Nyaris Penuh

Editor: Redaksi author photo

Ilustrasi
Ketapang (Suara Ketapang) - Tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Agoesdjam Ketapang nyaris penuh.

Untuk mengantisipasi lonjakan pasien, RSUD rujukan Covid-19 di Kabupaten Ketapang itu menyiapkan tenda darurat di halaman Instalasi Gawat Darurat (IGD).

"Untuk ketersedian BOR di ruang isolasi (Covid-19) hampir terisi penuh, kami ada bantuan tambahan tenda lagi dari BPBD pada hari minggu kemarin," ujar Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD dr. Agoesdjam Ketapang, dr. Feria Kowira, Senin (5/7/2021).

Feria menjelaskan, dari total 39  BOR yang ada di rumah sakit hampir seluruhnya telah terisi oleh pasien covid. Meski demikian, IGD rumah sakit tetap melayani pasien yang datang dengan menyiapkan tenda darurat.

"Dari ruang isolasi kami ada 29 dan di ruang UGD isolasi pasien Covid ada 10, untuk yang covid BOR-nya hampir 100 persen. Untuk IGD kita tetap akan tangani pasien yang datang karena telah disiapkan tenda untuk antisipasi membeludaknya kasus," ujarnya.

Dia menambahkan, meski ada lonjakan kasus, Ketersedian stok oksigen masih mencukupi. Pihaknya saat ini terus berupaya agar stok oksigen tetap tersedia. Saat ini RSUD merawat pasien dengan gejala sedang dan berat yang harus memakai oksigen .

"Kalau untuk ketersedian oksigen saat ini di RSUD dr Agoesdjam kita masih aman ya," sebutnya.

Ia pun kembali mengingatkan masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak, menghindari kerumanan dan membatasi mobilitas.

"Satu-satunya cara (menghindari Covid-19) adalah dengan mencegah penularan," pungkasnya. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini