Martin Rantan Resmi Lantik Alexander Wilyo Sebagai Sekda Kabupaten Ketapang

Editor: Redaksi author photo

Bupati Ketapang Martin Rantan (kiri) saat menyerahkan surat keputusan pengangkatan jabatan Sekretaris Daerah kepada Sekda Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo (kanan) di rumah jabatan Bupati Ketapang, Jum'at (27/8/2021) pagi. (Ist). 
Ketapang (Suara Ketapang) - Bupati Ketapang Martin Rantan resmi melantik Alexander Wilyo sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) definitif, di pendopo bupati, Jum'at (27/8/2021) pagi.

Sebelum menjabat sebagai Sekda, Alexander Wilyo merupakan kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Ketapang. Alex resmi menggantikan posisi Penjabat (Pj) Sekda sebelumnya yang dijabat oleh Suherman.

Bupati Ketapang Martin Rantan mengucapkannya selamat kepada Alexander Wilyo, sebab telah diberikan amanah dan tanggung jawab menduduki puncak karir sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah.

"Saya selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang mengucapkan selamat kepada Bapak Alexander Wilyo S,STP., M.Si. jabatan yang saudara emban ini merupakan amanah yang harus dijaga dan dilaksanakan sebaik-baiknya," ujar Martin.

Menurut Martin, konsekuensi jabatan tak hanya dipertanggung jawabkan pada negara dan masyarakat semata, namun juga kepada Tuhan yang maha kuasa. "Laksanakan tugas dengan penuh syukur tanggung jawab dan ikhlas dan yang paling penting berprestasi," imbuhnya.

Martin menekankan, pelantikan Sekda hari ini telah sesuai  dengan mekanisme dan  ketentuan udang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang  manajemen pegawai negeri sipil sebagaimana telah diubah pada peraturan pemerintah nomor 17 tahun tahun 2020 serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokasi  nomor 15 tahun 2019 tentang pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah.

"Proses pengisian jabatan Sekda Ketapang yang lowong dilakukan melalui seleksi terbuka dengan prinsif transparansi, objektif, kompetitif dan akuntabel, serta menghindari praktek yang dilarang dalam sistem merit pada tahapan pelaksanaan seleksi," jelasnya.

Menurut dia, proses panjang telah dilaksanakan. Sehingga diperoleh satu nama calon Sekda Ketapang yang diajukan panitia seleksi dan mendapat rekomendasi komisi ASN untuk kemudian ditetapkan dan dilantik.

Sekda Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo saat mengucapkan sumpah janji jabatan. (Ist)
Karena itu, dirinya sebagai pejabat pembina kepegawaian mengucapkan terima kasih kepada panitia seleksi dan BKDSDA Ketapang yang telah melaksanakan tugas sebaik-baiknya.

"Terpilihnya saudara Alexander Wilyo sebagai Sekda Ketapang telah memenuhi syarat kualifikasi, kompetensi dan kinerja sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," ujarnya.

Bupati Ketapang dua periode itu juga mengingatkan, bahwa Sekda mempunyai tugas membantu Bupati dalam menyusun kebijakan dan pengorganisasian adaministratif pelaksanaan tugas perangkat daerah.

Selanjutnya, pelayanan administratif yang terbagi dan terperinci dalam tugas masing-masing asisten, bagian dan subbagian. Karenanya diharapkan para asisten, kepala bagian dan subbagian mendukung penuh kinerja Sekda dalam membantu Bupati.

"Bekerjalah dengan membentuk super tim, bukan membiarkan Sekda bekerja sendiri sebagai seorang supermen. Tidak hanya terbatas pada konteks lingkungan kerja Sekda saja, namun harus diperluas lebih besar yaitu lingkungan Pemkab," pesannya.

Ia juga mendorong, semua unit kerja harus saling bersinergi membangun hubungan kerja yang baik secara internal, termasuk pula dengan pihak eksternal. Meliputi Forkopimda dan masyarakat, baik tokoh agama, pemuda, adat maupun pemenagku kepentingan lainnya.

Hal demikian diakuinya penting untuk disampaikan. Karena dalam upaya mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati yang tertuang dalam panca karya perlu dukungan semua unit kerja lingkungan Pemkab Ketapang.

"Saya harap, semua pegawai ASN lingkungan Pemkab Ketapang wajib memahami dan melaksanakan program kegiatan yang selaras dengan panca karya sebagai upaya mewujudkan Ketapang yang maju menuju masyarakat sejahtera," pungkasnya.

Pelantikan Sekda tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Ketapang Farhan, Ketua DPRD M. Febriadi, Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan para Kabag lingkungan Pemkab Ketapang. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini