Danau Panjang jadi Lokasi Robo'-Robo' di Kecamatan Sandai

Editor: Agustiandi author photo

Tradisi Robo'-Robo' Kecamatan Sandai tahun ini digelar di Danau Panjang Desa Istana, Rabu (6/10/2021). (Ist)
Sandai (Suara Ketapang) - Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang mengelar acara robo'-robo', Rabu (6/10/2021) pagi. 

Tradisi turun-temurun tersebut tahun ini diselenggarakan di Danau Panjang Desa Istana Kecamatan Sandai. 

"Biasanya kami melaksanakan Robo'-Robo' di tepi sungai, tahun ini kami melaksanakannya di Danau Panjang, karena pandemi, kita adakan secara terbatas," papar Pengurus MABM Kecamatan Sandai Uti Fahrul Hakim saat dihubungi, Rabu siang.

Fahrul mengatakan, acara tersebut terselenggara hasil kerjasama MABM Kecamatan Sandai bersama organsiasi Kajang Sedahan serta pengurus Danau Panjang. 

"Dalam acara Robo'-Robo' kami membaca doa bersama, setelah itu makan ketupat bersama, mengingat masih ditengah pandemi, kami membatasi undangan, hanya untuk 50 orang saja," ucapnya.

Meski terbatas, lanjut Fahrul, tidak mengurangi makna akan adat tradisi budaya robo'-robo' yang telah digelar selama bertahun-tahun tersebut.

Selain dihadiri unsur Forkopimcam Sandai, acara tolak bala yang biasanya digelar pada hari Rabu terakhir pada bulan Safar kalender Hijriah tersebut juga turut dihadiri perwakilan dari unsur etnis, agama dan organisasi. 

"Ada dari Paguyuban Jawa, Persatuan Madura Sandai, Dewan Adat Dayak Sandai, Yayasan Tionghoa Sandai, Persatuan Tionghoa Sandai, Persatuan Masyarakat Padang Sandai dan Persatuan Flora Sandai, Alhamdulillah masing-masing diwakili ketuanya," pungkasnya. (Ndi).

Share:
Komentar

Berita Terkini