Martin : Sumpit Merupakan Senjata Tradisional Masyarakat Kalimantan

Editor: Agustiandi author photo

Bupati Ketapang Martin Rantan saat meyumpit pada pembukaan sumpit Dandim Cup dalam rangka HUT TNI Ke-76, di Lapangan Bola Kodim 1203 Ketapang, Sabtu (02/10/2021). Ist)
Ketapang (Suara Ketapang) - Bupati Ketapang Martin Rantan, membuka secara langsung lomba sumpit Dandim Cup dalam rangka HUT TNI Ke-76, di Lapangan Bola Kodim 1203 Ketapang, Sabtu (02/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ketapang juga mengucapkan selamat dan sukses kepada TNI yang berulang tahun ke-76. Ia berharap, kedepan TNI semakin dicintai rakyat, dan tetap menjadi garda terdepan dalam menjaga integrasi bangsa ini. 

"Semoga TNI semakin maju dan jaya sebagai garda terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI serta makin mencintai dan dicintai rakyat dan bersama rakyat TNI kuat," ucapnya.

Lebih lanjut ia juga mengatakan bahwa sumpit merupakan senjata tradisional masyarakat Kalimantan yang digunakan sebagai alat berburu dan melawan penjajah.

Namun, lanjut Bupati, bahwa seiring perkembangan jaman sumpit mengalami perubahan fungsi sebagai seni ketangkasan tradisional yang tidak hanya diperlombakan di tingkat daerah dan nasional tetapi juga di tingkat internasional.

"Pemerintah Kabupaten Ketapang sangat mengapresiasi sekaligus menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh Kodim 1203/KTP bersama DISPORA Ketapang serta pihak-pihak terkait lainnya, yang mana telah berperan aktif dalam menyelenggarakan perlombaan olahraga tradisional ini," tegasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya ia mengingatkan kepada peserta dan semua yang hadir serta seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang agar bisa mengikuti Vaksinasi.

"Saya selaku Bupati Ketapang mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang khususnya yang hadir pada hari ini agar melakukan Vaksinasi supaya tercipta kekebalan tubuh sehingga terhindar dari penularan covid-19," pungkasnya. (r)


Share:
Komentar

Berita Terkini