Berbagi Kebaikan di Penghujung Tahun, CMI Gelar Donor Darah dan Berbagi Sembako di 2 Kota Berbeda

Editor: Redaksi author photo

PT CMI gelar kegiatan donor darah di Ketapang (11/12) dan Kota Pontianak pada 15 hingga 16 Desember 2021. 
Ketapang (Suara Ketapang) - Bagi beberapa orang, donor darah merupakan hal yang menyeramkan. Kehabisan darah, pusing, mual, sakit, dan alasan alasan lain yang membuat orang enggan untuk melakukan donor darah. Padahal kegiatan donor darah ini banyak manfaatnya. 

Donor darah merupakan suatu kegiatan medis yang dilakukan secara sukarela dengan mengambil darah dari pendonor dan ditampung di kantong steril khusus. Volume darah yang diambil saat donor darah menurut American Association of Blood Banks sebanyak 500 ml atau 8% dari total darah yang ada di tubuh manusia. 

Di Indonesia, pelayanan donor darah diatur dan diakomodir oleh Palang Merah Indonesia (PMI). Banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika orang melakukan kegiatan donor darah. 

Setelah melakukan donor darah, tubuh seorang pendonor akan menghasilkan sel darah merah yang baru dan hal ini mengakibatkan tubuh memiliki regenerasi sel yang telah diperbaharui. 

Selain itu, donor darah juga mempunyai manfaat untuk kesehatan jantung. Semakin sering seseorang melakukan kegiatan donor darah maka kekentalan darahnya akan semakin berkurang sehingga mengurangi resiko terkena penyakit serangan jantung dan hipertensi. 

Selain itu, donor darah juga bisa membakar kalori pendonornya karena mengeluarkan darah sama dengan mengeluarkan kalori dalam tubuh. Walaupun donor darah memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tapi tidak semua orang bisa melakukan donor darah, seperti orang yang menderita penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan masih banyak ketentuan medis yang mengakibatkan orang tidak bisa melakukan kegiatan donor darah. Sehingga perlu ada pemeriksaan sebelum melakukan donor darah.

Menurut PMI ketersediaan kantung darah di Indonesia belum mampu memenuhi kebutuhan darah yang diminta. Terlebih dalam keadaan pandemi ini, kegiatan donor darah berkurang, sedangkan kebutuhan akan kantung darah terus meningkat. 

Kebutuhan kantung darah di Indonesia menurut WHO sebanyak 2% dari jumlah penduduk atau sebanyak lebih dari 5 juta kantung darah, sedangkan ketersediaanya saat ini hanya sebanyak 4 juta kantung darah. 

Setelah pandemi mereda banyak orang yang memutuskan untuk memulai kembali melakukan donor darah. Karena dalam satu tahun, seseorang bisa melakukan 3-4 kali donor darah, tergantung kondisi kesehatan masing-masing orang. 


Hal ini pula yang mendorong PT Cita Mineral Investindo, Tbk (PT CMI) untuk melakukan kegiatan donor darah yang dilakukan di dua tempat yang berbeda, yaitu di Kota Pontianak tepatnya di gedung PMI Kota Pontianak pada tanggal 11 Desember 2021 dan di Pusat Kota Kabupaten Ketapang tepatnya di RSUD Agoesdjam pada tanggal 15-16 Desember 2021. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari giat CMI Peduli yang merupakan salah satu Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT CMI terhadap masyarakat disekitar. Sedikitnya terdapat lebih dari 150 kantung darah yang dihasilkan dari kegiatan yang berlangsung selama 3 hari tersebut.

Kegiatan donor darah ini diikuti oleh masyarakat umum dan juga beberapa pegawai pemerintahan setempat. Kegiatan yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat ini dapat terlaksana dengan baik karena bekerjasama dengan PMI Kota Pontianak serta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ketapang. 

Selama pandemi ini, minat masyarakat untuk melakukan kegiatan donor darah menurun, oleh karena itu dalam kegiatan ini PT CMI juga membagikan beberapa doorprize menarik untuk para pendonor yang beruntung, dengan harapan dapat meningkatkan kembali minat masyarakat untuk melakukan donor darah.

Darah hasil donor ini nantinya akan dimanfaatkan oleh beberapa pasien yang membutuhkan darah. Menurut data kesehatan, 28% penyebab kematian ibu adalah kekurangan darah (pendarahan). Hal ini tentunya bisa di tanggulangi jika kebutuhan kantung darah dapat dipenuhi. Tentunya dilakukan prosedur khusus terlebih dahulu untuk dapat menggunakan darah hasil dari kegiatan donor darah. Satu kantung darah hasil dari donor darah 1 orang dapat digunakan untuk 3 orang pasien yang membutuhkan. Untuk itu bagi kamu yang masih sehat, Ayo lakukan donor darah, untuk menyelamatkan sesama!

Selain melakukan kegiatan donor darah, di penghujung tahun ini, PT CMI juga telah melaksanakan kegiatan bantuan sosial berupa pembagian 250 paket sembako untuk keluarga prasejahtera yang berada di pusat Kabupaten Ketapang dan 100 paket sembako untuk masyarakat desa sekitar yang terdampak banjir di Kecamatan Sandai yaitu desa yang terdata mengalami dampak banjir antara lain desa Muara Jekak, Istana, Penjawaan, Sandai kiri, dan Sandai Kanan. Penyaluran bantuan ini bekerjasama dengan Kecamatan Sandai yang diterima langsung oleh Camat Sandai Sabran, S.Pd., M.H. (r)

Share:
Komentar

Berita Terkini