Pengurus PWI Ketapang Periode 2021-2024 Dikukuhkan

Editor: Redaksi author photo

PWI Kabupaten Ketapang periode 2021-2024 secara resmi dikukuhkan. (Aliansi Jurnalis Ketapang) 
Ketapang (Suara Ketapang) - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ketapang, dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua PWI Kalbar, Gusti Yusri, di Grand Zuri Hotel, Rabu (8/12/2201). Ahmad Sofi dikukuhkan sebagai Ketua PWI Ketapang periode 2021-2024.

Sementara di posisi Sekretaris PWI Ketapang diisi oleh Theo Bernadhi, dan Wan Usmansyah menjabat sebagai Bendahara PWI Ketapang. Selain itu, kepengurusan PWI Ketapang juga terdapat dua penasihat yang juga merupakan wartawan senior yakni, Yasmin Umar dan Yudo Sudarto.

Ada empat bidang yang dibentuk guna mendukung program kerja PWI Ketapang selama tiga tahun kedepan. Di antaranya bidang organisasi, bidang hubungan antarlembaga, bidang pendidikan, dan bidang hukum dan advokasi.

Ketua PWI Kalbar, Gusti Yusri, mengatakan pengukuhan PWI Ketapang ini menjadi sejarah baru di Ketapang. Karena sebelumnya, belum pernah ada pengurus PWI di Kabupaten Ketapang. “Ada wartawan yang tergabung dalam PWI, tapi belum pernah terbentuk pengurus PWI di Ketapang. Ini sejarah baru,” katanya.

Dia menjelaskan, sebelumnya sudah terbentuk pengurus PWI di tingkat kabupaten yakni, PWI Sintang dan PWI Sekadau. “Dengan dikukuhkannya pengurus PWI Ketapang ini diharapkan bisa meningkatkan profesionalitas wartawan dalam menjalakan tugasnya. Selain itu juga, PWI juga bisa membuat program yang bersifat mendidik, khususnya kepada anggotanya sendiri,” ungkapnya.

Ketua PWI Ketapang, Ahmad Sofi, mengatakan usai pengukuhan pengurus PWI Ketapang ini pihaknya akan langsung melalukan rapat kerja guna menyusun program kerja. 

"Ada sejumlah rencana program kerja, baik rencana jangka pendek maupun program kerja jangka panjang,” katanya.

Afi menjelaskan, untuk program kerja jangka pendek pihaknya akan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah guna memberikan pendidikan dan pelatihan tentang menulis, diskusi dengan pihak-pihak terkait guna membahas isu yang sedang trending.

“Untuk jangka panjangnya, PWI Ketapang berencana untuk mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dengan bekerja sama dengan beberapa pihak. Tujuannya agar wartawan di Ketapang lebih berkompetensi lagi dalam menjalankan tugasnya sebagai wartawan. Terlebih lagi pendidikan terhadap wartawan itu sendiri sudah menjadi program kerja PWI Pusat,” akunya.

Afi menerangkan, kalau PWI juga akan bersinergi dengan Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK) yang merupakan wadah berkumpul berbagai wartawan dari berbagai media dan juga organisasi kewartawanan yang terakrediasi di dewan pers.

"PWI satu dari tiga organisasi yang terakrediasi di dewan pers bersama dengan AJI dan IJTI, nah kalau AJK wadah lokal tempat berkumpul berhimpun dan membuat program-program positif bagi rekan-rekan baik yang tergabung dalam PWI, maupun IJTI yang saat ini semuanya bergabung dalam AJK," paparnya. (Ndi)


Share:
Komentar

Berita Terkini