Kuliner Unik dari Ketapang yang Harus Kamu Coba

Editor: Layli author photo

Sumber: Shutterstock

Suara Ketapang -  Apa yang terpikirkan dalam benakmu saat mendengar kata Ketapang? Ketapang adalah salah satu kabupaten di Kalimantan Barat. Jika kamu menginginkan untuk mencoba sesuatu yang tidak ada di daerah lain, maka kamu harus berwisata kuliner di Ketapang. Kabupaten yang satu ini ternyata memiliki banyak kuliner lezat yang harus kamu coba. Makanan khasnya pun sangat kaya akan bumbu dan rempah-rempah sehingga dijamin akan membuatmu merasakan kenikmatan dan menjadi ketagihan.

Ketapang juga memiliki banyak makanan yang melegenda dan memiliki banyak variasi. Cita rasa yang nikmat dari makanannya juga akan membuatmu merasa tidak cukup makan satu porsi saja. Kira-kira makanan apa saja ya yang wajib untuk dicoba? Yuk, intip rangkuman kami di bawah ini.


1. Ale-Ale

Jika kamu pergi ke Ketapang, kamu tidak akan asing lagi melihat makanan yang satu ini. Ale-ale adalah sejenis hewan air yang memiliki rupa seperti kerang. Di Kalimantan Barat, ale-ale diolah dengan bumbu dasar yang memiliki rasa asin dan gurih. Ale-ale juga biasanya disajikan dengan sambal yang akan menambah rasa nikmat yang memanjakan lidah.


Keunikan lain dari makanan ini adalah hanya bisa ditemukan di Kalimantan Barat khususnya Ketapang. Untuk itu, jika kamu ingin memakan sesuatu yang jelas tidak ada di tempat mana pun, kamu harus mencoba ale-ale dari Ketapang, ya!


2. Bakmi Kepiting


Biasanya, bakmi yang kita makan berisikan potongan daging ayam atau sapi. Namun, berbeda dengan bakmi yang ada di Ketapang yang menggunakan daging kepiting sebagai topping-nya. Bakmi kepiting memiliki cita rasa manis dan gurih yang siap menggoyang lidahmu saat mencobanya.
Bakminya sendiri pun memiliki tekstur yang kenyal dan lentur. Selain itu, porsi yang disajikan pun cukup banyak dan berisikan bakso ikan, kuah kaldu, pangsit, udang, sayuran, dan ditaburi bawang goreng di atasnya. Kamu bisa mendapatkan bakmi kepiting di kedai-kedai yang ada di Ketapang dan bakminya sendiri pun dibanderol dengan harga yang bervariasi. Tertarik mencoba?


3. Sotong Pangkong


Apakah kamu biasa memakan sotong hanya dengan dibumbui atau digoreng dengan tepung? Maka kamu harus mencoba cara unik memakan sotong dengan mencoba sotong pangkong yang satu ini. Sotong pangkong diolah dengan cara berbeda, bukan digoreng atau semacamnya, melainkan dibakar. 

Makanan khas Ketapang ini memiliki ciri khas yang juga unik dalam penyajiannya, yaitu sotong dijadikan camilan pedas yang ditambah dengan kuah kacang yang memiliki rasa cenderung asam.
Selain itu, keunikan lain dari sotong pangkong ini adalah dipipihkan menggunakan palu (dipangkong) sebelum diolah. Saat melihat proses pengolahan sotong pangkong, abadikanlah menggunakan kamera ponsel. Selain itu, tujuan utama dipipihkan dengan palu adalah agar sotong dapat dikunyah dengan mudah. Unik, ya!


4. Mi Sagu


Kuliner unik dari Ketapang selanjutnya adalah mi sagu. Mi yang biasa kamu makan tentunya kebanyakan berasal dari tepung-tepungan. Berbeda dengan kuliner yang satu ini, kamu akan mendapat sensasi berbeda saat memakan mi yang diolah dari bahan dasar sagu. Keunikan mi yang satu ini tentunya tidak akan kamu dapatkan di tempat lain.


Mi sagu ini disajikan dengan kuah kaldu yang kental pedas dan tentunya sangat nikmat. Berbeda dengan mi lainnya, mi sagu memiliki tekstur yang lebih kenyal dan ukuran yang lebih besar. Mi sagu akan disajikan dengan pelengkap seperti toge, potongan daging, dan kucai. Jika ingin membeli seporsi mi sagu, kamu dapat berkunjung ke berbagai warung atau kedai makan yang ada di Ketapang. Selain itu, menikmati mi sagu pasti sangat cocok saat cuaca dingin atau hujan, tertarik?


5. Jenjorong


Kuliner selanjutnya kita akan membahas makanan manis yang khas dari Ketapang. Jenjorong merupakan makanan yang terbuat dari tepung kanji, tepung beras, gula merah, santan, dan air daun suji. Makanan manis yang satu ini dibungkus menggunakan pandan sehingga membuat cita rasa jenjorong menjadi jauh lebih nikmat.


Uniknya, daun pandan yang digunakan bukan menggunakan daun pandan yang biasa digunakan untuk memasak, melainkan daun pandan yang besar atau berduri. Selain itu, jenjorong memiliki warna putih dan tekstur yang kenyal saat digigit. Bentuk jenjorong sekilas mirip seperti lemper, tetapi makanan ini memiliki rasa yang manis.


6. Amplang Khas Ketapang

Ketapang adalah salah satu kota yang banyak menghasilkan makanan ringan sehingga tidak heran jika kita menemukan makanan ringan seperti amplang ini. Makanan khas ini menjadi makanan yang paling banyak diburu oleh wisatawan saat berkunjung ke Ketapang.

Amplang diolah dari ikan tenggiri dan ikan balada sehingga menciptakan rasa gurih yang akan membuatmu ketagihan. Kamu dapat memakannya sebagai camilan atau sebagai pelengkap saat sedang makan nasi. Ingin mencobanya?

Indonesia memiliki banyak kuliner yang memiliki keunikan tersendiri, tak terkecuali Ketapang. Saat berkunjung ke Ketapang, cobalah makanan khas seperti yang sudah kami rangkum di atas. Semoga bermanfaat!

Share:
Komentar

Berita Terkini