Karhutla di Sungai Besar Lalap Lahan 1,84 Hektar

Editor: Agustiandi author photo

Petugas tengah menyemprotkan air dalam upaya pemadaman Karhutla di Dusun Sungai Sirih Desa Sungai Besar Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, Selasa (19/7/2022). (Ist)
MHS (Suara Ketapang) - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi di Dusun Sungai Sirih Desa Sungai Besar, Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) Kabupaten Ketapang Kalbar, Selasa (19/7/2022) siang.

Sejumlah petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ketapang bersama tim Manggala Agni serta TNI-Polri yang dibekali peralatan pemadaman dikerahkan ke lokasi kebakaran.

Kepala BPBD Kabupaten Ketapang Yunifar Purwantoro mengatakan, lahan yang terbakar merupakan lahan gambut milik warga. Angin kencang membuat api semakin cepat merembet. Asap tebal yang memotong jalan juga menjadi faktor penghambat petugas dalam upaya pemadaman. 

"Angin kencang dan asap yang tebal menjadi kendala upaya pemadaman, dari data awal yang berhasil kami kumpulkan setidaknya 1,84 hektar lahan sejauh ini terbakar," ujar Yunifar.

BPBD Kabupaten Ketapang menduga, kebakaran lahan terjadi karena faktor kesengajaan, yakni pembukaan lahan dengan cara dibakar. 

Saat upaya pemadaman, lanjut Yunifar, petugas juga dibantu relawan dari masyarkat. Hingga sore ini petugas masih berada di lokasi. 


Share:
Komentar

Berita Terkini