Meriah, Semarak Agustusan di Keraton Matan Tanjungpura

Editor: Agustiandi author photo

Ratusan peserta mengikuti senam sehat di halaman Keraton Matan Tanjungpura, Minggu (28/8/2022) pagi. (Ist)
Benua Kayong (Suara Ketapang) - Nuansa dan semangat hari kemerdekaan masih kental disemarakkan warga di Halaman Keraton Matan Tanjungpura, Kelurahan Mulia, Kerta Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang, Minggu (28/8/2022).

Sejak pagi hari, ratusan warga sudah berbondong-bondong memadati halaman Keraton kerajaan tertua di Kalimantan Barat tersebut.

Ikatan Keluarga Besar Kerjaan Matan Tanjungpura (IKKRAMAT) menggelar beragam acara, mulai dari senam sehat hingga perlombaan tradisional. Sehari sebelumnya, juga diadakan kejuaraan penahan tradisional. 

Meski sempat diguyur hujan, semangat peserta tak padam. Bahkan mereka terlihat semakin antusias mengikuti perlombaan. Ada juga yang sekedar menyaksikan pertandingan. 

Ketua Dewan Mangku IKKRAMAT Uti Royden Top mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkain acara untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke 77 Republik Indonesia.

Lomba tradisional menambah semarak HUT ke 77 Republik Indonesia di halaman Keraton Matan Tanjungpura. 
“Memeriahkan Hari Ulang Tahun ke 77 Republik, Ikatan Keluarga Besar Kerajaan Matan Tanjungpura yang pertama mengadakan lomba panah tradisional, yang kedua senam sehat kemudian permainan tradisional atau permainan rakyat seperti panjat pinang dan tarik tambang,” terangnya.

Melihat antusias warga yang sangat tinggi, Uti Royden Top ingin acara semacam ini bakal digelar rutin setiap tahun. 

“Akan diadakan secara rutin setiap tahunnya, antusias masyarakat sangat tinggi terbukti sampai sekarang masih hujan tapi masyarakat tetap berduyun-duyun datang, masyarakat kita rindu akan keramaian, rindu akan kebersamaan dan rindu akan persatuan dan kesatuan,” ujarnya. 

Dengan niat DM Ikkramat “mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga”, Uti Royden Top berpesan kepada masyarakat Kabupaten Ketapang untuk tetap kondusif dan jaga kesehatan dengan cara tetap berolahraga.

Share:
Komentar

Berita Terkini