Mulai Hari Ini, Polres Ketapang Gelar Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II

Editor: Agustiandi author photo

Kapolres Ketapang bersama unsur Forkopimda setempat mengecek sapras penaggulangan Karhutla di halaman Mapolres Ketapang, Jumat (19/8/2022). (Ist)
Delta Pawan (Suara Ketapang) - Polres Ketapang melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II Tahun 2022 di halaman Mapolres Ketapang, Jumat (19/8/2022).

Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana, memimpin apel pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tersebut..

Pada kesempatan itu, Yani Permana membacakan sambutan amanat Kapolda Kalimantan Barat. 

Yani berujar, Kalimantan Barat menjadi langganan kebakaran hutan dan lahan. faktor utamanya membuka lahan dengan cara dibakar, kemudian api tidak diawasi sehingga membakar ke lahan lainnya.

“Ini harus menjadi perhatian serta tanggung jawab kita bersama, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat dalam mengantisipasi dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan," ujar Yani.

Yani Permana menyampaikan, Polda Kalbar dan jajaran menggelar Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II Tahun 2022. Operasi yang fokus pada pencegahan dan penanggulangan Karhutla itu akan berlangsung selama 21 hari. Mulai hari ini 19 Agustus hingga 8 September 2022.  

“Pelaksanaan operasi ini mengedepankan upaya pencegahan dan penanggulangan dan tentunya juga apabila ditemukan pelanggaran atau tindak pidana karhutla maka langkah penegakan hukum akan dilaksanakan.

"Tentunya sinergitas seluruh stakeholder terkait bersama sama masyarakat harus lebih di optimalkan dalam segala upaya pencegahan dan penanggulangan setiap potensi karhutla agar wilayah Kalimantan Barat khusus nya Kabupaten Ketapang dapat bebas dari kebakaran hutan dan lahan," urainya.

Dalam pelaksanaan Apel tersebut, Kapolres Ketapang menyematkan pita kepada perwakilan Personel dari Polres Ketapang, Kodim Ketapang, Satpol PP dan BPDB sebagai bentuk bahwa Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II Tahun 2022 telah dimulai.

Kegiatan apel Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II Tahun 2022 ditutup dengan pagelaran dan pengecekan sarana kendaraan dan alat pemadaman oleh jajaran forkopimda Ketapang.

Dalam pelaksanaan gelar pasukan tersebut dihadiri Kasdim 1203 Ketapang Mayor Inf Fendi Phutut A.W, Ketua DPRD Ketapang M. Febriadi, Kasat Pol PP Ketapang Muslimin, BPBD Ketapang, Manggala Agni Ketapang, pengurus badan Pemadam Bhakti suci Ketapang, Peleton siaga api Polres Ketapang, Kompi Brimob Ketapang, Peleton Kodim Ketapang serta seluruh Personel Polres Ketapang termasuk personel Polsek yang terlibat dalam Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II Tahun 2022.


Share:
Komentar

Berita Terkini