Persyaratan Administrasi Lengkap, Kapal Ekspres Ketapang - Pontianak Bakal Beroperasi Pekan Depan

Editor: Agustiandi author photo

Kapal Ekspres rute Ketapang - Pontianak dan sebaliknya, melakukan uji coba pelayaran sebelum resmi'melayani pekan depan. (Ist)
Ketapang (Suara Ketapang) - Kapal Ekspres yang melayani rute Ketapang - Pontianak bakal beroperasi pekan depan. 

Setelah melengkapi persyaratan administrasi, kapal Ekpress Al Firdaus Barokah kini masih melakukan uji coba pelayaran di seputar perairan Kota Pontianak.

Direktur Al Firdaus Barokah Cabang Ketapang Ujang Thalib mengatakan, uji coba tersebut sebagai bagian persyaratan yang harus dilakukan sebelum benar-benar melakukan pelayaran melayani penumpang.

"Dalam Uji coba ini, kapal ekpress akan berputar putar seputar laut Jungkat dan Sungai Kakap, sepekan kemudian kita akan mulai beroperasi dengan rute Ketapang - Pontianak," ujarnya, Senin (8/8/2022).

Dia memaparkan, rute yang bakal ditempuh mulai dari Ketapang - Teluk Batang- Batu Ampar. Lalu keluar ke laut dan masuk ke Teluk Intan - Batu Layang - Pelabuhan Seng Hie Pontianak. Rute itu bisa ditempuh empat jam.

"Jadi ekpress untuk mempercepat waktu melewati Teluk intan dan tidak melewati Jungkat. Ini akan menghemat waktu 30 menit, penumpang akan berada di laut sekitar 20 menit," ungkapnya. 

Untuk di Ketapang, Ekpress berlabuh di pelabuhan TPI Suka Bangun Dalam atau sekitar PLTU. Untuk pembelian tiket dapat langsung ke kantor ekpress di depan Kantor Camat Delta Pawan. Untuk Pontianak kantor ekpress Jalan Imam Bonjol, Tanjung Sari Nomor 7 Pontianak.

Dia menambahkan, untuk tahap pertama ini, baru satu ekpress yang dioperasikan dengan 70 penumpang dan harga tiket Rp365.000 penumpang akan mendapat makan siang.

"Ekpress akan dioperasikan 6 ABK, dimana dua diantaranya adalah pramugari, semuanya bersertifikat. Penumpang diberikan bagasi cuma cuma 20 Kilogram," pungkasnya. 

Share:
Komentar

Berita Terkini