Perkuat Humas, Kalapas Ketapang hadiri Peluncurkan Grand Strategy Komunikasi Humas Pemasyarakatan

Editor: Agustiandi author photo

Acara peluncuran granda strategy komunikasi humas pemasyarakatan, di Discovery Hotel Ancol, Rabu (9/11/2022). (Ist)
Jakarta (Suara Ketapang) - Kepala Lapas Ketapang Ali Imran menghadiri kegiatan peluncuran granda strategy komunikasi humas pemasyarakatan, di Discovery Hotel Ancol, Rabu (9/11/2022). 

Kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid yang dikuti seluruh jajaran Pemasyarakatan di Indonesia.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga dan dilanjutkan dengan peluncurkan Grand Strategy Komunikasi Humas Pemasyarakatan dan Penetapan 50 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Percontohan Manajemen Krisis Pemasyarakatan.

“Grand Strategy ini penting, agar terbangun citra positif Pemasyarakatan. Selain itu juga memenuhi hak masyarakat atas informasi yang valid dan berimbang, mampu untuk melakukan pencegahan dan mitigasi krisis komunikasi,” ujar Reynhard. 

Ia juga mengungkapkan bahwa sepanjang tahun 2022 berjalan, terdapat 51.815 berita positif pemasyarakatan. Namun selain itu juga masih terdapat 4.242 berita negatif yang didapatkan dari analisa media Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. 

Menurutnya, citra negatif yang mengarah ke negative dapat memengaruhi kinerja dan proses reformasi birokrasi yang tengah berjalan.

Dalam kesempatan tersebut, Kalapas Ketapang Ali Imran menyapaikan peran strategis dan pentingnya peran Humas dalam mensukseskan tujuan pemasyarakatan, khususnya di Lapas Ketapang.

"Fungsi kehumasan harus mampu menyampaikan informasi secara cepat, tepat, dan terukur dalam melaksanakan pelayanan dan pengelolaan informasi," paparnya.

Selain itu, ia juga menyatakan bahwa membangun reputasi dan citra baik pemasyarakatan merupakan bagian penting dalam pertanggungjawaban kinerja di bidang pemasyarakatan kepada publik.

Share:
Komentar

Berita Terkini