Hari Pers Nasional 2023, Momentum Refleksi Diri Insan Pers

Editor: Agustiandi author photo

Theo Bernadhi (kiri). (doc.)
Ketapang (Suara Ketapang) - Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023, Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK) mengajak seluruh pekerja pers untuk menjadikan HPN sebagai momentum refleksi diri. 

Menurut Ketua AJK, Theo Bernadhi, HPN tak hanya sekedar peringatan serimonial, namun juga menjadi momen refleksi diri dan evaluasi seluruh pekerja pers. 

"Setiap 9 Februari kita selalu memperingati HPN. Tentu ini tidak hanya sebatas peringatan serimonial saja, melainkan harus menjadi momen refleksi diri dan evaluasi seluruh pekerja pers," kata Theo, Kamis (9/2/2023).

Theo menerangkan, refleksi diri yang dimaksud adalah proses melihat kembali pengalaman yang telah dijalani selama menjalani profesi ini.

"Mengevaluasi diri bagian dari ikhtiar untuk meningkatkan kualitas diri," jelasnya.

Theo berpendapat, Pers merupakan suatu produk yang lahir untuk melakukan sosial kontrol dan wujud kedaulatan rakyat, bahkan menjadi salah satu pilar bangsa Indonesia. 

"Artinya kedudukan pers berada pada posisi strategis. Tapi kedudukan itu jangan pula disalah artikan hingga membuat hilangnya profesionalitas," tuturnya.

Terlebih, diakuinya di tengah kemajuan zaman, saat ini para pihak mudah mengklaim diri sebagai Jurnalis namun dalam pelaksanaan profesi tidak mencerminkan hal-hal yang seharusnya, merasa diri tidak pernah salah dan larut dalam pemikiran bahwa selalu aman lantaran dilindungi aturan lec specialis sehingga melanggar hal-hal telah diatur.

"Hal ini tentu menjadi tantangan besar bagi para Jurnalis itu sendiri, sehingga meningkatkan kualitas diri, mengkedepankan kaidah jurnalistik dalam bekerja menjadi penting agar ada jurang pembeda antara para pengklaim profesi dengan para pengabdi profesi ini," pungkasnya. 


Share:
Komentar

Berita Terkini